ADVERTISEMENT

Soal Gubernur Rela Makan Babi Demi Jadi Presiden, Rocky Gerung Sebut Saiful Mujani Marah, Anies Sudah Diasuh Pollster Lain

Rabu, 6 Juli 2022 14:30 WIB

Share
Kolase foto Saiful Mujani dan Rocky Gerung.
Kolase foto Saiful Mujani dan Rocky Gerung.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Cuitan pemilik lembaga survei SMRC Prof Saiful Mujani yang menyebut ada gubernur rela makan babi demi menjadi presiden, mendapat tanggapan pengamat politik Rocky Gerung.

Menurut Rocky ini ada persaingan bisnis di antara pollster (lembaga survei), Saiful Mujani marah. Karena belakangan Anies Baswedan mulai dekat dengan oligarki, dengan ditandai dukungan Sunny Tannuwidjaja ke Anies. Sunny yang merupakan tangan kanan Ahok, sejauh ini dikenal sebagai jembatan kepada para konglomerat. 

Menurut Rocky, mulai muncul penilaian orang Anies sudah diasuh oleh pollster lain, semacam CSIS,  yang memang secara ideologis harus berseberangan dengan Anies. Anies kan identiknya 212, CSIS yang identaik dengan kalangan Katolik, komunitas China, dan juga konglomerat.

Ada pun postingan Prof Saiful Mujani tersebut mengungkap seorang Gubernur, yang oleh umum kemudian ditangkap sebagai Gubernur Anies Baswedan, rela apa saja, temasuk makan babi, demi menjadi Presiden.

"teman yg komunitasnya sering jadi sasaran intoleransi bilang: “gubernur itu sekarang inklusif terhadap berbagai kelompok agama.” saya bilang: “kl ga ngerti bodoh aja. orang itu jangankan nyabanin greja, disuruh makan babi pun akan dia makan kalau bisa jamin dia jadi presiden.” tulis @saiful_mujani, beberapa hari lalu.

Setelah mendapat reaksi yang cukup ramai, guru besar UIN Jakarta itu menambahkan komentar, apa yang ditulis adalah untuk menunjukkan kontraas anatara real politik dan dan masalah moral.

"ramai reaksi thd posting ini. saya ingin nunjukin kontras antara realpolitik dan politik berdasar moral. yang kedua sering takluk pada yang pertama. politik tak kenal nilai,tak tahu agama,bila itu bertentangan dengan tujuan utama: berkuasa. jangan mudah percaya ocehan politisi," ujar @saiful_mujani.

Menanggapi bagian ini, Rocky Gerung menyatakan, sekarang sulit mempercayai dua-duanya, antara politisi dan pollster (lembaga survei).

"Ya sekarang suruh milih, percaya politisi atau percaya pollster, sama-sama tukang bohong," ujar Rocky Gerung lewat kanal Youtube-nya.

Menurutnya, dia kenal dengan Saiful Mujani, Anies Baswedan, lantas ada Denny JA, Rizal Mallarangeng. Mereka lulusan Amerika semua, ada yang menyebut Ohio Boys.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT