Mendag Zulkifli Hasan: Sesuai Ikhtiar Kita, Belum Satu Bulan Jawa dan Bali Sudah Aman, Minyak Goreng Rp14.000/liter

Selasa, 5 Juli 2022 17:49 WIB

Share
Mendag Zulkifli Hasan saat di  Pasar Ciracas. (ist)
Mendag Zulkifli Hasan saat di  Pasar Ciracas. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali melakukan kunjungan ke pasar dalam rangka memantau ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng.

Mendag Zulhas menegaskan bahwa kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil dimana kini ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah.

"Saya hari ini ke pasar lagi, memastikan ketersedian minyak goreng rakyat di pasaran aman dengan harga sudah sesuai HET Pemerintah, maksimal Rp14.000/liter. Setelah berdialog dengan pedagang serta masyarakat, saya senang karena sesuai ikhtiar kita, belum satu bulan Jawa dan Bali sudah aman," jelas Mendag Zulhas setelah berdialog dengan warga dan pedagang di Pasar Ciracas, Jakarta (5/7/2022).

Berdasarkan pantauan harian Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan di 216 pasar seluruh Indonesia, harga minyak goreng curah secara rata-rata untuk Jawa-Bali sudah di bawah HET. Per 1 Juli 2022, rata-rata harga minyak goreng curah sudah Rp13.900/liter, turun 11 persen jika dibandingkan bulan lalu.

"Ini tersedia di 15.375 pengecer mitra Pemerintah yang tersebar di 241 kabupaten/ kota di 25 provinsi," jelasnya.

Setelah meninjau langsung ke pasar dan berdiskusi dengan para pedagang, Mendag Zulhas melihat minyak goreng curah yang dikemas oleh pedagang agar praktis.

"Tadi banyak juga minyak goreng curah yang sudah dikemas pakai botol namun harga tetap Rp14.000/liter," kata Mendag Zulhas.

Ke depan hal ini menurut Mendag tidak perlu lagi karena Pemerintah akan menyiapkan minyak goreng kemasan sederhana yang HET-nya juga Rp14.000/liter.

"Minya kita akan segera beredar, besok sudah launching, insya Allah. Kemasan sederhana, harga tetap Rp14.000/liter," tambah Mendag Zulhas.

Tak hanya migor, Mendag Zulhas juga meninjau harga barang kebutuhan pokok lainnya. Secara umum harga barang kebutuhan pokok terpantau stabil dan pasokan tersedia.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar