ADVERTISEMENT

Kadis KPKP Sarankan Hewan Kurban Masuk Jakarta Dihentikan 24 Juni, Anies Malah Bilang 5 Ribu Hewan Masih dalam Perjalanan

Senin, 4 Juli 2022 15:54 WIB

Share
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Ist).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan 47 ribu hewan ternak (sapi atau kambing) yang bakal di kurban di Jakarta pada tanggal 10 Juli 2022 mendatang.

Namun, stok yang tersedia di Jakarta baru 42 ribu hewan qurban dan sisanya, menurut Gubernur Anies 5 ribu hewan ternak masih dalam perjalanan menuju Jakarta yang dipresdiksi akan tiba di Jakarta sebelum Idul Adha

"Masih ada 5 ribu yang dalam perjalanan diprediksikan akan tuntas sebelum perayaan Idul Adha," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada saat memberi sambutan di Kementarian Pertanian, Senin (4/7/2022).

Dengan adanya hewan kurban yang masih dipasok ke Jakarta menandakan Anies tidak sejalan dengan saran yang diberikan Kadis KPKP Suharini Eliawati.

Sebab, diimbauan sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Kadis KPKP) Suharini Eliawati menyarankan, agar pengiriman hewan kurban masuk ke Jakarta dihentikan pada 24 Juni 2022. 

Hal tersebut dilakukan untuk membatasi adanya resiko masuknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kurban di 

"Kami sarankan tanggal 24 Juni harusnya sudah tidak ada lagi yang memasukkan hewan ternak ke Jakarta," kata Eli sapaan Suharini Eliawati dalam Podcast yang disiarkan langsung YouTube Pemprov DKI, pada Kamis (9/6/2022) lalu.

Pasalnya, kata Suharini, virus PMK pada sapi memiliki masa inkubasi selama 14 hari. Untuk itu pihaknya menyerukan kepada para penjual hewan kurban agar memperhitungkan dengan matang. (Aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT