ADVERTISEMENT

Wadaw! Pasukan Ukraina Temukan Hard Drive 100 GB Berisi Data Rahasia Militer Rusia, Ini Isinya

Minggu, 3 Juli 2022 20:58 WIB

Share
Pasukan Ukraina Temukan Hard Drive 100 GB Berisi Data Rahasia Militer Rusia. (Foto: NYPost)
Pasukan Ukraina Temukan Hard Drive 100 GB Berisi Data Rahasia Militer Rusia. (Foto: NYPost)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Pasukan Ukraina menemukan hard drive dengan kapasitas 100 gigabyte berisi data militer Rusia, sebagian besar ditandai "rahasia," termasuk rincian tentang peralatan dan latihan militer Rusia.

Kyiv Independent melaporkan pada Sabtu (2/7/2022), drive itu ditemukan di Chernihiv Oblast, sebuah distrik utara yang berbatasan dengan Belarus dan merupakan titik invasi awal bagi militer Rusia. Ini juga berisi rencana terperinci tentang divisi artileri udara Rusia dan dokumen resmi lainnya.

"Petugas penegak hukum Ukraina sekarang memiliki foto, karakteristik, salinan paspor, dan dokumen lain dari para penyerbu," kata Dinas Perbatasan Negara Ukraina sebagaimana dilansir Pradvapada Minggu (3/7/2022).

Ada juga catatan latihan militer, makalah tentang kesiapan tempur, peta dan dokumentasi rahasia lainnya. Beberapa dokumen memiliki klasifikasi "sangat rahasia".

Layanan penjaga perbatasan Ukraina mengunggah beberapa rekaman yang ditemukan di hard disk, mencatat bahwa data pribadi penjajah Rusia dapat membantu mengidentifikasi penjahat perang yang telah melakukan kejahatan selama invasi Rusia ke Ukraina.


Sistem pertahanan udara yang ditampilkan dalam video yang dilaporkan berasal dari drive yang ditemukan memperlihatkan 9K33 "Osa" atau variasinya "Osa-AKM", yang sebelumnya terlihat digunakan oleh Rusia di Ukraina, menurut Newsweek dikutip dari Defense Express.

Ukraina tidak merinci bagaimana data militer Rusia di Hard Drive 100 GB tersebut sampai ke tangan mereka.

Melansir dari NYPost, penemuan beruntung itu terjadi saat rudal Rusia terus menghantam kota-kota di seluruh Ukraina.

“Perang belum berakhir, kebrutalannya hanya meningkat di beberapa tempat, dan itu tidak dapat dilupakan,” kata Presiden Volodymyr Zelensky pada Sabtu (2/7/2022).

Ia juga mendesak semua warga Ukraina untuk mmenyebarkan kebenaran tentang perang dan kejahatan penjajah.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Syaharani Putri
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT