ADVERTISEMENT

Terpilih jadi Tuam Rumah PEMSEA 2022, Pemkab Tangerang Mulai Berbenah

Sabtu, 2 Juli 2022 14:38 WIB

Share
Suasana pesisisr utara Kabupaten Tangerang. (Ist)
Suasana pesisisr utara Kabupaten Tangerang. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Pemkab Tangerang bersiap untuk menyukseskan event Internasional Partnership in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA), Network of Local Government (PNLG) Meeting Summit 2022 yang akan digelar di Kabupaten Tangerang. 

Diketahui, pada tahun 2022 ini, Pemkab Tangerang terpilih menjadi tuan rumah ajang internasional ini di mana Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menjabat sebagai Vice President PNLG. 

"Seperti yang kita ketahui bapak Bupati Ahmed Zaki Iskandar terpilih sebagai Vice President PNLG karena dinilai berhasil melaksanakan pembangunan berkelanjutan untuk kawasan pesisir, mulai dari penataan kawasan, lingkungan, infrastruktur sampai dengan pemberdayaan masyarakat pesisir," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno, Sabtu (2/7/2022).

PNLG merupakan organisasi Kemitraan Kota kota Pesisir di Asia Timur dalam Manajemen Lingkungan Pesisir dan Laut yang terdiri dari beberapa negara Asia Timur. 

 

Pelaksanaan acara ini, akan digelar pada tanggal 25 s/d 29 Oktober 2022. Acara ini akan dihadiri 12 negara mitra PEMSEA termasuk Indonesia.

"Nantinya, para peserta PNLG yang terdiri dari 12 negara tersebut akan melihat langsung keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam membangun dan membenahi serta menata kawasan pesisir di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, sebagai kawasan konservasi mangrove dan ekowisata Ketapang Aquaculture,".

Dalam penataan kawasan pantai yang dilakukan oleh Pemkab Tangerang, lanjutnya, proses pembangunan itu dilakukan secara lintas sektoral dan berkesinambungan. Dengan melibatkan lima program unggulan Bupati Tangerang seperti Gerakan bersama rakyat, atasi kawasan padat, Kumuh dan miskin (Gebrak pakumis Plus), Gerakan pembangunan masyarakat pantai (Gerbang Mapan), Tangerang mandiri, tahan pangan (Tangerang Mantap), pengembangan Koperasi dan UMKM (Kembangku) dan program aksi kreatif dan inovatif (Proaktif).

"Ini juga hasil dari kolaborasi atau kerjasama dengan berbagai pihak baik dari Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Pusat dan BUMD kab Tangerang serta peran serta beberapa pihak swasta melalui CSR dan juga peran serta masyarakat setempat. Sehingga, ke depannya kehidupan masyarakat pesisir dapat menjadi lebih baik," ungkapnya.

Selain itu, keberhasilan pembangunan ini juga dapat di lihat dari penataan ekosistem pesisir. Yang dimulai dari pemberdayaan masyarakat hingga penataan lingkungan sampai kepada penyiapan infrastruktur.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Contributor: Veronica
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT