ADVERTISEMENT

Waduh, Pembentukan Satgas Nusantara Dikritik Fadli Zon, Begini Penjelasan Polri

Kamis, 30 Juni 2022 13:44 WIB

Share
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.(Ist)
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA.POSKOTA.CO.ID-  Pihak kepolisian menyatakan Satgas Nusantara yang dibentuk untuk mencegah polarisasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) sudah ada pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

Pernyataan ini disampaikan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo untuk menaggapi kritikan anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon.

"Satgas Nusantara itu fungsinya cooling system. Ini kan yang sudah kita lakukan di tahun 2019," jelas Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (30/6/2022).

Dilansir Poskota.co.id dari PMJ News, Satgas Nusantara berhasil mencegah hoax pada masa Pemilu 2019. Selain itu, satgas ini bisa mendinginkan ketegangan selama masa Pemilu.

"Itu di tahun 2019 adanya cooling system seperti itu kan berhasil, itu kan konsepnya Pak Tito itu. Jangan sampai terjadi overheat. Overheat itu kan bisa meledak ya meledaknya itu apa dengan cara cooling system," terangnya.

Menurut Dedi, pembentukan Satgas Nusantara melibatkan banyak pihak. Dia menyebut ini dibentuk jelang Pemilu 2024 untuk memitigasi tersebarnya hoax dan ujaran kebencian.

"Tentunya Satgas Nusantara tidak bekerja sendiri. Bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dengan wartawan dengan media untuk memberikan literasi yang sejuk," ungkapnya.

"Menjaga persatuan, untuk memitigasi berita-berita hoax. Kemudian termasuk itu berita-berita ujaran kebencian yang mengatasnamakan memecah belah bangsa itu yang sama-sama kita kelola," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Reporter: Dwiyan
Editor: Dwiyan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT