Selain Gempa, Afghanistan Dilanda Banjir, Taliban Ungkap 400 Orang Tewas

Kamis, 23 Juni 2022 16:24 WIB

Share
Selain Gempa, Afghanistan Dilanda Banjir, Taliban Ungkap 400 Orang Tewas
Gempa M 6,1 di Afganistan Tewaskan 950 Orang. (Foto: Bakhtar News Agency / AP)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Selain gempa magnitudo 6,1, Afghanistan diterjang banjir di sejumlah wilayah.

Kementerian Penanganan Bencana Alam versi Taliban menyatakan setidaknya 400 orang tewas imbas banjir yang melanda Afghanistan, Rabu (22/6/2022).

“Yang terluka telah dievakuasi ke rumah sakit. Warga yang rumahnya rusak diterjang banjir sudah dievakuasi dan diberi tenda,” kata Mawlawi Sharfuddin Muslim, Wakil Menteri Penanggulangan Bencana Alam yang dikutip Poskota.co.id dalam Tolo Newspada Kamis (23/6/2022).

Badan tersebut juga menyampaikan bencana ini menimbulkan kerugian finansial bagi masyarakat. Sementara, selama beberapa hari terakhir, banyak provinsi di Afghanistan mengalami hujan lebat dan banjir.

Banjir melanda provinsi Kunar, Nangarhar, Nuristan, Laghman, Panjshir, Parwan, Kabul, Kapisa, Maidan Wardak, Bamiyan, Ghazni, Logar, Samangan, Sar-e-Pul, Takhar, Paktia, Khost dan Daikundi serta daerah Salang.

"Banjir melanda ratusan hektare dan masih ada lahan yang terendam air," kata seorang warga Kunduz, Ahmadullah.

"Akibat hujan lebat kemarin malam, atap rumah seorang warga roboh, menyebabkan satu pria tewas dan lima lainnya terluka," kata seorang warga di Distrik Archin, Provinsi Nangarhar, Hamidullah Shinwari.

Sementara, Gempa berkekuatan 6,1 skala Magnitudo mengguncang wilayah di timur Afghanistan pada Rabu (22/6/2022).

Mengutip dariAFP, korban tewas gempa berkekuatan 6,1 skala Magnitudo di Afghanistan mencapai 950 orang. Pejabat Taliban mengatakan korban akan terus bertambah.

Pemimpin tertinggi Taliban, Haibatullah Akhunzada, mengatakan korban tewas imbas bencana itu akan terus bertambah. Sejauh ini tim SAR masih mencari orang yang hilang atau tertimpa bangunan.

Selain korban jiwa, guncangan juga menyebabkan sejumlah bangunan roboh.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar