ADVERTISEMENT

Kualitas Udara Jakarta Jadi yang Terburuk di Dunia, Ini Dampak Bagi Kesehatan

Selasa, 21 Juni 2022 20:44 WIB

Share
Ilustrasi polusi udara. (Foto/Pixabay)
Ilustrasi polusi udara. (Foto/Pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT


Selain berisiko terkena penyakit jantung, kualitas udara yang buruk juga bisa menyebabkan penyakit kanker. Kanker yang disebabkan akibat menghirup udara yang kotor tak hanya kanker paru-paru saja, melainkan berbagai jenis kanker bisa terjadi akibat kualitas udara yang buruk.


4. Masalah kehamilan dan janin


Kualitas udara yang buruk nyatanya dapat berisiko bagi janin saat masa kehamilan. Ibu hamil yang terpapar particulate matter lebih berisiko melahirkan anak dengan berat badan lebih rendah, autism, serta dapat meningkatkan risiko masalah kognitif dan emosional pada anak ketika remaja. 


Selain itu, dapat menghambat perkembangan paru-paru anak yang menyebabkan paru-paru tidak berfungsi dengan optimal ketika dewasa. 


5. Penyakit saraf


Penyakit saraf yang diakibatkan penurunan fungsi otak (neurodegeneratif) juga bisa menjadi salah satu dampak buruk. 


Menurut penelitian yang dilakukan University of Washington, menyatakan bahwa polusi udara dikaitkan degan peluang lebih besar terkena penyakit Parkinson, Alzheimer, serta jenis demensia lainnya. 


6. Kematian


Jika tubuh secara terus menerus terpapar oleh kualitas udara yang buruk atau kotor dalam jangka panjang, maka dapat menyebabkan kematian.


Dari berbagai dampak buruk di atas, seperti kanker dan penyakit jantung, nyatanya memiliki efek yang setara dengan merokok dan jauh lebih tinggi daripada efek makan terlalu banyak garam. (Adinda Salsabila)

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Adinda Salsa
Editor: Muhammad Rio Alfin Pulungan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT