Hadiri Soft Opening Stasiun Matraman, MenkopUKM Minta Stasiun Kereta Api Sediakan Tempat Usaha Bagi UMKM 

Senin, 20 Juni 2022 10:56 WIB

Share
Soft opening Stasiun Matraman oleh Menhub Budi Karya Sumadi dan Mekop UKM Teten Masduki pada Minggu (19/6/2022).
Soft opening Stasiun Matraman oleh Menhub Budi Karya Sumadi dan Mekop UKM Teten Masduki pada Minggu (19/6/2022).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berharap, setidaknya 30 persen lahan di setiap stasiun kereta api untuk menyediakan tempat usaha bagi pelaku UMKM.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Soft Opening Stasiun Matraman, dihadiri pula oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Jakarta Timur, Minggu (19/6/2022).

Menurutnya, hal itu sesuai amanat yang tertera dalam Undang-undang Cipta Kerja yakni seluruh infrastruktur publik seperti bandara, stasiun, terminal, rest area jalan tol wajib menyediakan lahan sedikitnya 30 persen bagi pelaku UMKM.

"Misalnya, kedai kopi. Sebaiknya jangan lagi ada kafe dari brand usaha besar atau bahkan asing. Karena, cita rasa kedai kopi lokal juga tak kalah kualitasnya," kata MenKopUKM, Teten Masduki dikutip dalam keterangan resminya pada Senin.

Sementara itu, Teten juga menjamin bahwa saat ini produk UMKM memiliki kualitas dan daya saing yang tidak kalah dengan brand-brand besar.

"Brand-brand lokal milik UMKM sudah terbukti mampu menyedot banyak pengunjung," kata dia.

Teten juga menegaskan, produk UMKM memiliki daya saing yang baik jika didorong dengan ruang usaha yang luas sehingga mampu meningkatkan kualitas produk usahanya.

"Saya yakin produk UMKM bisa bersaing asal diberi kesempatan yang luas. Baik dari sisi pembiayaan, hingga ruang usaha," lanjutnya.

Selanjutnya, hal serupa dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia turut mendukung penyediaan lahan bagi pelaku UMKM untuk mendorong perekonomian.

"Kita harus mendukung memberikan ruang dan kesempatan bagi UMKM. Kita harus cari UMKM terbaik, untuk bisa menempati ruang usaha di setiap stasiun," kata Budi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar