ADVERTISEMENT

Tarif Bakal Naik Mulai 1 Juli 2022, Ini Tips Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

Jumat, 17 Juni 2022 19:09 WIB

Share
Petugas PLN tengah memeriksa instalasi listrik rumah warga. (ist)
Petugas PLN tengah memeriksa instalasi listrik rumah warga. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

3. Menghemat Pemakaian Lampu

Kebutuhan lampu memang menjadi sangat penting saat malam hari. Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak bisa menghemat penggunaan listrik. Cara menghemat listrik adalah dengan mematikan lampu yang tidak benar-benar digunakan, terutama siang hari. Gunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan.

Jika perlu gunakan lampu hemat energy yang hanya menggunakan jumlah listrik tidak terlalu banyak. Usahakan mematikan dua lampu yang tidak digunakan pada malam hari mulai pukul 17.00. Cara menghemat listrik ini cukup mudah karena hanya membutuhkan pengendalian diri dan kemauan mematikan lampu. Mulai dari hal kecil ini bisa berdampak besar pada tagihan listrik bulanan.

4. Cabut Kabel Dari Saklar Saat Tidak Terpakai

Jangan biasakan peralatan elektronik terpasang pada saklar listrik ketika tidak digunakan. Berlaku untuk pengisi daya smartphone, TV, setrika atau barang elektronik lain.

Selain salah satu cara menghemat listrik hal ini juga sangat berguna untuk menghindari hubungan arus pendek atau korsleting korsleting terhadap alat elektronik.

Listrik akan tetap mengalir di dalam kabel alat elektronik Anda, hal ini akan membuat listrik terbuang sia-sia dan Anda tetap dikenakan tagihan listrik. Cara menghemat listrik yang paling mudah adalah dengan mencabut kabel alat-alat elektronik dari saklar untuk memutus aliran listrik terbuang sia-sia.

5. Membantu Stabilkan Penggunaan Listrik Alat Elektronik

Menggunakan alat penghemat listrik adalah cara menghemat listrik yang paling banyak digunakan. Alat ini akan bekerja dengan menstabilkan arus perangkat elektronik Anda. Alat ini juga akan mengurangi tarikan awal saat penggunaan listrik pertama.

Fungsi utamanya adalah sebagai penyimpan daya listrik, sehingga alat ini bisa melepas energy listrik yang disimpan untuk mengurangi daya. Dengan demikian alat penghemat listrik bisa memperpanjang usia alat elektronik.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT