ADVERTISEMENT

Sah! Jokowi Lantik Zulkifli Hasan, Hadi Tjahjanto dan Petinggi PSI sebagai Menteri-Wamen, Berikut Jabatan Lengkapnya

Rabu, 15 Juni 2022 15:11 WIB

Share
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden Jokowi. (Foto: presiden.go.id).
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden Jokowi. (Foto: presiden.go.id).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melakukan perombakan (reshuffle) kabinet hari ini, Rabu (15/6/2022). Ada 2 orang menteri dan 3 orang wakil menteri (Wamen) baru dalam reshuffle kali ini.

Kedua orang menteri baru tersebut yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan diangkat menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi. Kemudian Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Baik Zulkifli Hasan maupun Hadi Tjahjanto telah resmi dilantik di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022) siang. 

 

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga melantik tiga Wamen. Mereka adalah petinggi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN menggantikan Surya Tjandra, eks Wamen PUPR John Wempi Watipo digeser menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan nama terakhir adalah Sekjen PBB Afriansyah Noor dilantik menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker).

"Kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi keputusan Jokowi yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/6/2022).

Turut hadir para menteri Kabinet Indonesia Maju antara lain Airlangga Hartarto dan ketua umum partai politik pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di antaranya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar sampai Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh.

Prosesi pelantikan diawali pembacaan surat keputusan presiden perihal pengangkatan dan pemberhentian para menteri dan wakil menteri. Selanjutnya pengucapan sumpah jabatan dan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan para hadirin.

Berikut daftar lengkap menteri dan wakil menteri yang dilantik:
1. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Ketum PAN) menggantikan Muhammad Luthfi
2. Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto (Mantan Panglima TNI) menggantikan Sofyan Djalil 
3. Wamen ATR Raja Juli Antoni (Dewan Pembina PSI) menggantikan Surya Tjandra 
4. Wamendagri John Wempi Watipo (Wamen PUPR)
5. Wamenaker Afriansyah Noor (Sekjen PBB).

(ys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT