ADVERTISEMENT

Gus Nur Adu Domba Umat! Kata Dia Soal Capres 2024: Haram Pilih Ganjar, Puan, Prabowo, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno!

Selasa, 14 Juni 2022 15:59 WIB

Share
Sugi Nur Raharja alias Gus Nur. (Foto: Ist).
Sugi Nur Raharja alias Gus Nur. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penceramah dadakan Sugi Nur Raharja alias Gus Nur kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial setelah beberapa waktu belakangan tak bersuara. Kali ini ia berupaya mengadu domba umat dengan menyebut haram memilih sejumlah capres potensial untuk 2024.

Tak tanggung-tanggung, ia membeberkan nama-nama bakal capres yang selama ini punya elektabilitas yang diperhitungkan. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno. 

“Haram milih Ganjar, haram milih Erick Thohir, haram milih Puan Maharani, haram milih Prabowo Subianto, haram pilih Sandiaga Uno,” ujar Gus Nur, seperti diunggah akun Instagram @jayalah_.indonesia1945, Selasa (14/6/2022). 

Penceramah yang kerap membuat gaduh publik itu menyebut kelima sosok tersebut merupakan orang-orang yang ditopang oleh buzzer dalam menjaga citranya.  Hal itu yang menurut dia membuat para tokoh tersebut haram untuk dipilih sebagai pemimpin negara.  

Alasannya, buzzer sejauh ini kerap menebar berita bohong yang menyesatkan publik. "Siapapun yang didukung buzzer atau influncer maka haram hukumnya,” ujar Gus Nur.

Fatwa ngaco Gus Nur itu sontak memantik reaksi sejumlah netizen. Salah seorang netizen mengatakan, jika mengikuti pemikiran sesat Gus Nur maka tidak ada yang pantas dipilih. Sebab, semua calon presiden diduga kuat selalu mendapat dukungan dari suara-suara buzzer maupun influencer.

“Kalau mengikuti fatwa si Sugik, maka ga ada yang bisa dipilih karena semua didukung buzzer dan influencer, termasuk “kilafuck” dan Sugik, karena kilafuck dan Sugik juga ada buzzer dan influencer yang mendukung,” kata @mu_ha_rambe di kolom komentar.

Netizen lain yang geram melihat pernyataan Gus Nur itu berkata, bahwa Gus Nur seperti memposisikan dirinya sebagai orang yang merasa paling benar. Padahal, selama ini pernyataan-pernyataan yang keluar dari mulut ustaz dadakan itu selalu tak masuk akal.

“Semakin orang merasa paling benar pada dasarnya dialah yang paling busuk,” ujar @nkri_hargamati4.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT