ADVERTISEMENT

Waspada Banjir ROB, BPBD DKI Imbau Masyarakat Pesisir Siaga Antisipasi

Sabtu, 11 Juni 2022 12:40 WIB

Share
Banjir Rob Jakarta. (Ahmad Tri Hawaari)
Banjir Rob Jakarta. (Ahmad Tri Hawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Masyarakat yang berada di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim.

Pernyataan ini disampaikan berdasarkan siaran pers BMKG Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Potensi Banjir Pesisir (ROB) pada tanggal 11 - 17 Juni 2022.

Sebab, pada waktu tersebut bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

Hal tersebut berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat yang berada di wilayah pesisir DKI Jakarta untuk waspada terhadap banjir pesisir atau banjir rob.

"Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji, Sabtu (11/6).

Adapun wilayah pesisir DKI Jakarta yakni di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Kepulauan Seribu.

Isnawa menambahkan, agar masyarakat senantiasa memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

"Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," tuturnya.

Atau dapat juga menatau informasi cuaca maritim dari BMKG melalui Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 0813 1676 0711 atau media sosial BMKG lainnya.(CR02)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT