Waspada! Hepatitis Akut Misterius di Jakbar Bertambah 9 Kasus, 1 Orang Meninggal Dunia

Jumat, 10 Juni 2022 12:46 WIB

Share
Gejala hepatitis akut. (ilustrator: poskota/suroso imam utomo)
Gejala hepatitis akut. (ilustrator: poskota/suroso imam utomo)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat mencatat ada penambahan kasus warga yang diduga terjangkit penyakit hepatitis akut misterius.

Hal tersebut disampaikan Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudinkes Jakarta Barat, Arum Ambarsasi, berdasarkan data yang dia miliki per Jumat 10 Juni 2022.

"Berdasarkan data pada pagi ini, jumlah pasien yang diduga terjangkit penyakit hepatitis misterius akut yaitu sebanyak 9 orang," kata Arum saat dikonfirmasi, Jumat.

Arum merinci, 9 pasien yang diduga mengidap penyakit misterius tersebut dalam klasifikasi kondisi yang berbeda.

"9 orang terduga tersebut dengan rincian 2 orang probable atau memiliki peningkatan kadar enzym hati di atas angka 500. Dan 7 orang lainnya terklasifikasi sebagai suspek dengan peningkatan kadar enzym di bawah angka 500," jelas Arum.

Selain 9 pasien tersebut, Arum mengatakan saat ini terdapat 2 pasien yang masuk klasifikasi pending atau masih menunggu pemeriksaan varian hepatitis lain.

"Kasus pending artinya masih menunggu hasil pemeriksaan Hepatitis A, B, C, D dan E. Apabila salah satu ada yang positif, maka dikeluarkan dari kasus Hepatitis misterius. Nah, saat ini terdapat 2 kasus pending," beber Arum.

Lebih jauh, Arum menyebut 8 pasien yang diduga terjangkit hepatitis akut misterius saat ini sudah dinyatakan sembuh seluruhnya. Sedangkan, satu orang pasien telah dinyatakan meninggal dunia pada April 2022 lalu.

Arum mengatakan, pasien tersebut baru diduga mengidap hepatitis akut beberapa waktu setelah meninggal. (pandi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar