ADVERTISEMENT

Erick Thohir dan Ganjar Pranowo Dinilai Mampu Jalani Tugas Khusus Presiden Bidang Agraris

Jumat, 10 Juni 2022 12:52 WIB

Share
Menteri BUMN Erick Thohir. (foto: ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai mampu menjalani tugas Presiden Joko Widodo di bidang agraris yang berkaitan dengan pemanfaatan hutan milik negara termasuk milik BUMN, hutan Perhutani oleh rakyat.

Penilaian itu disampaikan Ahli Studi Agraria dan Pengelolaan Hutan berbasis Masyarakat dan Ekologis Noer Fauzi Rachman.

Noer Fauzi Rachman juga mengatakan Jokowi memberi  penugasan khusus kepada Erick Thohir untuk mengkordinir segala usaha  untuk peningkatan produktivitas dan perbaikan ekologi dari tanah negara yang diberikan  berupa hak milik kepada kelompok rakyat, dan hutan sosial yang diberikan hak pemanfaatannya kepada kelompok rakyat. 

"Menteri BUMN dapat memberi penugasan dan orkestrasi terhadap BUMN-BUMN dalam bidang pembibitan, teknologi pertanian, pengolahan pangan, farmasi hingga kehutanan, untuk   bekerja sama (bukan hanya sama-sama kerja)," jelas Noer Fauzi saat dihubungi Poskota.co.id, Jumat, (10/6/2022).

Dia menbahkan, Erick dapat membentuk unit Project Manajemen Office (PMO) yang sanggup bekerja cepat dan dengan metodologi yang tepat untuk mampu membangkitkan partisipasi rakyat, dan memanfaatkan pengetahuan, teknologi dan sumberdaya BUMN. 

"Jangan mengulang sentralisme dan model pembangunan  revolusi hijau panca usaha tani yang justru berakibat buruk berupa hilangnya bibit-bibit asli, pengetahuan dan teknologi lokal dalam pembibitan, penanaman, pembuatan pupuk alami, pemeliharaan, pengendalian hama secara biologis, pemanenan hingga paska panen," lanjutnya. 

Sementara, kata dia, Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah, dan wakil pemerintah pusat di provinsi, telah ditugaskan untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai wilayah pertama yang paling siap  menyongsong dan menjalankan apa-apa yang diorkestrasi oleh unit PMO yang dibentuk dan dipimpin langsung oleh Menteri BUMN tersebut.

"Tugas ini tidak sulit bagi Erick Thohir lakukan dalam posisi, kewenangan dan track record kompetensinya sebagai Menteri BUMN. Dan begitu pula untuk mengawali kerja PMO itu dengan kewenangan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah," ujarnya. (CR04)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT