Mantap! Nilai Perdagangan Indonesia dengan Arab Saudi Naik 40 Persen

Rabu, 8 Juni 2022 16:00 WIB

Share
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nilai perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi meningkat meski dalam situasi pandemi COVID-19.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan nilai perdagangan antara kedua negara pada tahun lalu meningkat 40 persen.

"Walau masih dalam situasi pandemi, nilai perdagangan kedua negara pada 2021 melonjak lebih dari 40 persen menjadi $5,5 miliar. Tren positif ini berlanjut hingga kuartal pertama 2022," ucapnya dalam jumpa pers di Jakarta pada Selasa (7/6/2022) seperti dikutip dari VOA.

Hal ini dia sampaikan usai bertemu Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan.

Keduanya membahas akses yang lebih luas bagi komoditas dari Indonesia agar meningkatkan perdagangan kedua negara dan membuatnya lebih berimbang.

Terutama mobil penumpang, minyak sawit, ikan olahan, ungags, dan mengeksplorasi pengaturan-pengaturan terhadap perdagangan bilateral kedua negara.

Di bidang investasi yang juga dibahas oleh Pangeran Faisal dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di istana pada Selasa (7/6/2022), kedua menteri luar negeri setuju untuk memperkuat kolaborasi antara lembaga investasi milik pemerintah Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF), dengan lembaga investasi kepunyaan pemerintah Indonesia, Indonesia Investment Authority (INA).

Retno Marsudi menyampaikan Presiden Joko Widodo menyebutkan rencana investasi Arab Saudi. Seperti membangun pembangkit listrik tenaga surya, industri baterai lithium, pembangkit listrik tenaga air, dan secara bertahap menghapus pembangkit listrik berbahan bakar batu bara. ***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar