ADVERTISEMENT

Jemaah Haji Indonesia Kloter 1 Embarkasi Solo Pertama Mendarat di Madinah

Sabtu, 4 Juni 2022 16:55 WIB

Share
Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Solo Pertama Mendarat di Bandara Madinah
Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Solo Pertama Mendarat di Bandara Madinah

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Jemaah haji Indonesia kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Solo (SOC 1) yang pertama mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/6/2022),  pukul 09.58 waktu Arab Saudi (WAS).

Ketibaan mereka disambut  Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Konsul Haji KJRI Jeddah yang juga Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kepala Daker Bandara Haryanto. Dari pihak Arab Saudi, menyambut jemaah Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi.

Kami sangat bergembira bisa menyambut kloter pertama jemaah haji Indonesia bersama Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi," ujar Abdul Aziz di Bandara AMAA Madinah.

"Saya merasakan bahagia dan haru. Ini sudah ditunggu banyak orang, masyarakat Indonesia. Mereka sudah lama menunggu lama, apalagi setelah tertunda dua tahun karena pandemi," sambungnya

Dubes RI di Saudi berpesan agar seluruh jemaah tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah menurun, tapi jemaah tetap harus disiplin protokol kesehatan. Selain itu, kondisi saat ini di Saudi sangat panas.

Konjen RI di Jeddah yang juga ikut menyambut jemaah menambahkan bahwa selama di Madinah, jemaah akan menjalani ibadah Arba'in. Yaitu, salat berjamaah di Masjid Nabawi selama 40 waktu. "Masa tinggal jemaah di Madinah maksimal sembilan hari," ujarnya.

"Selesai Arbain, jemaah akan diberangkatkan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah lalu menunggu sampai tiba fase puncak haji," sambungnya.

Para jemaah juga mendapat hadiah dalam kemasan kotak yang berisi sajadah dan kurma. Senandung thala'al badru juga mengiringi kedatangan jemaah menambah keharuan suasana di Terminal Haji Bandara Internasional AMMA Madinah.

Seperti diketahui, pemberangkatan pertama jemaah haji pada hari Sabtu (4/6/2022) ada 2.776 orang yang diterbangkan yang berasal dari tujuh embarkasi.

Sebelumnya, saat melepas keberangkatan jemaah haji Indonesia di Jakarta, Menag Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar jemaah haji  menjaga kesehatan dan membiasakan minum air putih karena cuaca panas di Saudi. Menag juga mendoakan jemaah bisa menjalankan ibadah dengan baik dan memperoleh haji mabrur. (johara)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT