ADVERTISEMENT

Kejar Pengakuan Dunia, Wamendag Ungkap 4 Strategi Ekspor Rempah

Kamis, 2 Juni 2022 17:02 WIB

Share
Jerry Sambuaga. (foto: ist)
Jerry Sambuaga. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mengatakan strategi ekspor Indonesia berfokus pada diversifikasi produk dan pasar. Menurutnya, rempah-rempah asli Indonesia harus diakui Dunia.

"Fokus ekspor tahun ini adalah diversifikasi produk dan pasar rempah-rempah Indonesia harus diakui dunia. Itu adalah tantangan kami untuk mempromosikan rempah-rempah Indonesia melalui banyak acara," ujar Jerry Sambuaga dalam keterangannya, Kamis 2 Juni 2022.

Jerry menyebutkan, ada empat strategi untuk mendorong ekspor rempah ke pasar global, diantaranya standarisasi. Hal itu termasuk praktik pertanian yang baik, persyaratan teknis dan spesifikasi produk.

"Eksportir Indonesia harus memenuhi standar internasional untuk memastikan kualitas yang prima dan konsisten," tambah dia.

Selain itu, menjadi organik. Sebab menurutnya, saat ini perilaku konsumen bergeser kearah produk organik dan berkelanjutan.

"Saya percaya rempah-rempah Indonesia memiliki potensi dalam kategori organik dan berkelanjutan," tambahnya.

Hal lainnya yang menjadi strategi pasar global adalah penjenamaan (branding). Jerry mengaku melalui branding diharapkan dapat meningkatkan kreativitas para pelaku usaha untuk mengikuti permintaan global.

Kemudian, lanjut Jerry yang terakhir adalah promosi. Kementerian Perdagangan memiliki 46 perwakilan dagang di kota-kota besar dunia yang bertugas mempromosikan ekspor Indonesia dan bekerjasama dengan para importir dan distributor.

"Saya mengajak kita semua ikut mempromosikan dan meningkatkan kesadaran tentang indikasi geografis (IG). IG merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan ekspor dan menciptakan penjenamaan. Beberapa rempah-rempah Indonesia yang sudah terdaftar IG antara lain, Muntok, pala Siaw, kayu manis Kerintji, vanili Alor dan masih banyak lagi," sambungnya.

Selain itu, Jerry berharap para pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja ekspor dengan menghasilkan lebih banyak produk bernilai tambah.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT