ADVERTISEMENT

Hari Pancasila, Warga Milenial: Junjung Toleransi dan Sila-sila Terealisasi agar Indonesia Lebih Maju

Rabu, 1 Juni 2022 08:33 WIB

Share
Anak milenial saat ikuti turnamen game Mobile Legend. (ist)
Anak milenial saat ikuti turnamen game Mobile Legend. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hari Pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni dalam setiap tahunnya. Selain itu Pancasila juga sebagai pedoman berkehidupan dalam suatu bangsa.

Di era ini warga milenial memaknai Pancasila dengan berbagai fakta yang dialami. Bukan hanya di Hari Pancasila, tapi dalam pengelaman sehari-hari. 

Agustinus Rendi (25) seorang pegawai swasta di jantung ibu kota Jakarta mengimplementasikan Pancasila merupakan pedoman dalam bermasyarakat.

"Makna Pancasila menurut gue pribadi ya Pancasila sebagai dasar negara yang seharusnya diterapkan di lingkungan bermasyarakat," kata Agustinus kepada Poskota.co.id, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, Pancasila memiliki lima sila yang sudah menjadi dasar negara turut diterapkan pada lingkungan masyarakat dengan bertoleransi satu sama lain.

"Karena 5 sila-nya itu emang menggambarkan Indonesia yang masyarakatnya beragam jadi biar bisa saling bertoleransi satu sama lain dan dalam hal apapun itu," ucap dia.

Agustinus mengaku, sebagai kaum minoritas ia telah menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungannya. Ia juga berharap hari lahir Pancasila sebagai momentum masyarakat untuk lebih menjunjung bertoleransi antar sesama.

"Secara tidak langsung pasti semua menerapkan Bel, karena warga negara Indonesia (WNI) ya Pedomannya Pancasila, kecuali yang tidak mengakui akan Pancasila otomatis tidak menerapkan," tambahnya.

Hal senada dikatakan Syelma Avianty (25) makna Pancasila menurutnya adalah pedoman penting untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik.

"Menjadi aturan hidup yang apabila tidak dijalankan atau dilaksanakan dengan baik akan berantakan dan timbul perpecahan di antara keberagaman ras, suku, budaya dan agama di Indonesia," kata Syelma.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT