Lukman Hakim Saifuddin Raih Gelar Doktor Kehormatan, Mahfud MD Ucapkan Selamat: Moderasi Beragama Itu Penting!

Selasa, 31 Mei 2022 19:08 WIB

Share
Menko Polhukam Mahfud MD, hadir dalam penganugerahan gelar doktor kehormatan, (Doktor Honoris Causa) kepada Lukman Hakim Saifuddin. (ist)
Menko Polhukam Mahfud MD, hadir dalam penganugerahan gelar doktor kehormatan, (Doktor Honoris Causa) kepada Lukman Hakim Saifuddin. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menko Polhukam Mahfud MD hadir dalam penganugerahan gelar doktor kehormatan, (Doktor Honoris Causa) kepada Lukman Hakim Saifuddin di bidang moderasi beragama, di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Selasa (31/5/2022). 

"Selamat kepada Mas Lukman, saya menyempatkan diri hadir, selain Mas Lukman sebagai sahabat tapi memang materi penganugerahan doktor honoris causa bidang moderasi beragama ini penting, yaitu menyangkut masalah Islam wasathiah," ujar Mahfud usai menghadiri penganugerahan. 

Menurut Menko Polhukam, moderasi beragama menjadi semakin penting karena Indonesia sangat majemuk dengan beragam agama, suku, dan budaya.

"Semuanya harus melaksanakan ajaran agamanya dengan baik, artinya meyakini bahwa agamanya masing-masing adalah agama yang paling benar dan agar tidak timbul konflik, bisa hidup dalam satu bangsa dan negara, maka harus memahami cara hidup moderasi beragama," papar Mahfud. 

Pada kesempatan yang sama, Azyumardi Azra yang juga sebagai promotor menilai pemberian Doktor Honoris Causa pada Lukman Hakim Saifuddin merupakan langkah strategis untuk menegaskan kembali sikap dan keberpihakan civitas akademika.

"Saya memandang pemberian Doktor Hpnoris Causa pada pak Lukman merupakan langkah strategis untuk menegaskan kembali sikap dan keberpihakan civitas akademika atau keluarga besar umat Islam Indonesia, dan bahkan kalau boleh saya sebut arus utama Islam Indonesia, baik yang diwakili Ormas NU, Muhammadiyah dan banyak lagi yang lainnya," ujar Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah ini. 

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Masduki Baidlowi, juga mengatakan penganugerahan Doktor Honoris Causa pada Lukman Hakim Saifuddin akan mengukuhkan konsistensi ketokohannya untuk bergerak di bidang moderasi beragama. 

"Pengukuhan Mas Lukman sebagai Doktor HC dalam konteks aktifitas beliau yang memperjuangkan Islam moderat selama ini," kata KH. Masduki Baidlowi yang juga Staf Khusus Wakil Presiden RI. 

Ia menambahkan, moderasi beragama butuh banyak tokoh dan pejuang yang terus bergerak, karena ancaman ideologi berlatar belakang agama ke depan sangat serius.

"Di situlah Mas Lukman bersama tokoh-tokoh lain punya peran strategis," ucapnya.

Halaman
Reporter: Rizal Siregar
Editor: Sumiyati
Contributor: Lukman Hakim Saifuddin Raih Gelar Doktor Kehormatan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar