ADVERTISEMENT

Viral Konvoi Puluhan Motor Bawa Atribut 'Khilafatul Muslimin', Polda Akan Panggil Pelaku

Senin, 30 Mei 2022 18:52 WIB

Share
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Endra Zulpan.(adam)
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Endra Zulpan.(adam)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Polda Metro Jaya akan melakukan pendalaman terkait video aksi konvoi puluhan motor yang membawa atribut bertuliskan 'Khilafatul Muslimin'. Video itu sudah viral. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan pihaknya saat ini sudah mengantongi data-data terkait aksi dalam video tersebut.

"Jadi Polda Metro Jaya tentunya akan mendalami video tersebut karena kita sudah mendapat data itu terjadi di daerah Jakarta Timur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Menurut Zulpan, terlebih dahulu pihaknya akan melakukan pencarian terhadap pengendara yang nampak dalam video tersebut. Selain itu, penyidik Polda akan memanggil pelaku, yakni orang-orang dalam video tersebut.

"Kami akan mencari data dulu terhadap pengendara yang nampak dalam video tersebut tentunya kami juga akan memanggil mereka. Kami juga akan menanyakan maksud tujuan," tambahnya.

Sementara itu, Zulpan menegaskan tindakan yang dilakukan sekelompok orang dengan membawa atribut Khalifah tidak dibenarkan. Hal itu juga dinilai telah menyimpang dari ketentuan dalam perundang-undangan di Indonesia.

"Tidak dibenarkan karena ini tidak sesuai dengan ketentuan peraturan dan juga apa yang menjadi ketentuan dalam perundang-undangan kita bahwa bangsa Indonesia ini bukan berdasar khilafah," pungkasnya.

Sebelumnya, konvoi 'Khilafatul Muslimin' ini disebut-sebut terjadi di Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu 29 Mei 2022 sekitar jam 09.14 WIB. Terlihat para pemotor itu melintas bergerombol dengan memakai seragam dengan warna dominan hijau.

Para pemotor itu nampak membawa bendera berbahasa Arab berukuran besar. Sejumlah poster berisi pesan terkait khilafah pun turut dibawa peserta konvoi.

"Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah," tulisan di salah satu poster yang dibawa pemotor.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT