ADVERTISEMENT

Sadis! Gelaran Formula E Sebatas Gugurkan Kewajiban, Pengamat: Politis, Pencitraan dan Keterpaksaan

Senin, 30 Mei 2022 13:19 WIB

Share
Direktur SDR, Hari Purwanto. (Ist)
Direktur SDR, Hari Purwanto. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto mengatakan ajang balap mobil Formula E merupakan muatan politis, pencitraan dan keterpaksaan.

Pasalnya, ajang balap mobil bertenaga listrik ini terkesan sangat terburu-buru dari mulai pengerjaan sirkuit hingga sponsor yang lama mendapatkannya sehingga meminta ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Formula E hanya untuk menggugurkan 3 kewajiban, yaitu pencitraan, motif politis dan keterpaksaan," ujar Hari dalam keterangan tertulisnya, dikutip, Senin (30/5/2022).

Menurut Hari, dari hasil pengamatan dan pantauan yang dia ikuti dari awal, Formula E muncul tanpa studi kelayakan sampai merusak pohon-pohon yang berumur ratusan tahun di Monas. 

 

"Pindah tempat pelaksanaan saja sudah menjadi hal yang janggal, belum lagi proses penganggaran Formula E yang bermasalah," ucapnya.

Oleh sebab itu, kata Hari, banyak pihak yang mengamati bahwa pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu dupenuhi persoalan, masalah dan polemik.

"Tentunya pihak-pihak yang mau terlibat menjadi sponsor penuh kehati-hatian untuk join bahkan menjadi sponsor," cetusnya.

"Dan dugaan korupsi Formula E sangat jelas dan terang benderang, tinggal KPK memastikan pemanggilan Gubernur DKI Jakarta, Kadispora dan Bank DKI untuk menguak tabir tersebut," tambah Hari.

Diketahui, Formula E Jakarta akan digelar pada Sabtu (4/6/2022) mendatang. Mengutip kalender resmi Formula E, ajang Jakarta E-Prix merupakan seri kesembilan pada musim ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT