ADVERTISEMENT

Wapres Nilai UMKM Memiliki Peran Penting Sebagai Tumpuan Perekonomian Nasional

Jumat, 27 Mei 2022 13:54 WIB

Share
Foto: Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri pembukaan
Foto: Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri pembukaan "Karya Kreatif Indonesia 2022". (setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA ,POSKOTA.CO.ID- Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’aruf Amin menegaskan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia memegang peranan vital sebagai tumpuan perekonomian nasional. 

"Saya mengapresiasi upaya Bank Indonesia melaksanakan program pengembangan UMKM melalui 3 pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan guna mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif," ucap Wapres dalam sambutannya pada acara pembukaan "Karya Kreatif Indonesia 2022" yang diselenggarakan Bank Indonesia, Jumat (27/5/2022)

Hadir dalam acara itu, Menteri Koperasi dan UKM Terendah Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dan lainnnya.

 

"Ke depan, saya minta agar sinergi dan kolaborasi yang baik antara Bank Indonesia dengan kementerian/lembaga, asosiasi, dan komunitas dalam upaya pengembangan UMKM di Indonesia dapat terus terjaga, bahkan menjangkau berbagai pihak lainnya," terang Wapres.

Wapres menandaskan UMKM sebagai penggerak ekonomi perlu dorongan berkelanjutan untuk berkarya dengan mengedepankan kreativitas dan pembaruan, termasuk dukungan untuk meningkatkan peran perempuan dan kaum muda dalam pemulihan dan kebangkitan UMKM, sehingga UMKM dapat menjadi penopang generasi bangsa di masa depan.

"Dalam berbagai kesempatan, saya sampaikan bahwa perluasan akses pasar dan akselerasi berbagai inovasi di bidang teknologi dan digital harus terus diperkuat, karena keduanya adalah tuas bagi UMKM agar naik kelas," tutur Wapres.

 

Selain itu, dukungan esensial yang juga dibutuhkan UMKM adalah dukungan untuk merealisasikan UMKM bersertifikasi halal, sebagai jaminan perlindungan bagi umat dalam mengonsumsi produk halal, sekaligus untuk kemudahan ekspor, terutama ke negara-negara berpenduduk mayoritas muslim.

Melalui penyelenggaraan acara ini, saya harapkan UMKM di seluruh Indonesia semakin termotivasi, agar secara kontinyu menghasilkan terobosan, meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pasar sekaligus menyesuaikan dengan perkembangan selera konsumen, berorientasi ekspor, serta memanfaatkan beragam platform digital, agar berhasil menembus pasar internasional. (johara)

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT