ADVERTISEMENT

Utang RI Capai Rp 7000 Triliun, Luhut: Itu Masih Kecil, Utang Kita Terkecil di Dunia!

Jumat, 27 Mei 2022 16:21 WIB

Share
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. (foto: Kemenko Marves)
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. (foto: Kemenko Marves)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melontarkan pernyataan yang membuat publik heboh. Ia mengatakan utang Republik Indonesia (RI) yang mencapai Rp 7.000 triliun masih tergolong kecil. Alasannya, ia menyebutkan, utang RI masih jadi yang terkecil di dunia.

“Utangnya memang Rp 7.000 triliun tapi itu masih kecil, 41i PDB kita. Jadi ndak ada masalah. Dan kita salah satu utang yang terkecil di dunia ini,” ujar Luhut dalam Dies Natalis GAMKI ke-60 yang disiarkan Channel Youtube GAMKI Balikpapan, dikutip Jumat (27/5/2022).

Luhut lantas meminta para peserta GAMKI tak mempersoalkan utang negara yang saat ini terus merangkak naik.

“Jadi saya minta saudara-saudara tolong lihat ini karena ini penting supaya kita jangan salah terbawa mengenai utanglah yang ribuan triliun,” katanya.

Luhut berujar, membicarakan soal utang harus berdasarkan data,bukan perasaan. Luhut pun menyindir sejumlah pengamat yang selalu menyoroti utang negara.

“Banyak pengamat-pengamat itu asal ngomong aja, ngomong nggak dia lihat sumber datanya bener nggak,” tegas Luhut.

Luhut mengklaim ekonomi tanah air saat ini makin membaik pasca pandemi Covid-19. Ia mencontohkan tingkat pengangguran yang berkurang hingga capaian dari realisasi investasi Indonesia yang meningkat.

"Orang tanya banyak pengamat-pengamat asal bunyi asal nyinyir itu suruh lihatin aja data ini. Nah dia bisa berdiskusi. Makanya saya suka kadang-kadang suka nantang datang ke mari, bawa angkamu, datamu, kita lihat siapa yang benar,” katanya.

Sebagai informasi, utang pemerintah Indonesia diketahui tembus Rp 7.000 triliun per akhir Februari 2022. Dikutip dari APBN KiTa, data per 28 Februari mencatat utang Indonesia sebesar Rp 7.014,58 T.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT