Eks Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Wafat, Jenazah Akan Dimakamkan di Kulonprogo

Jumat, 27 Mei 2022 13:54 WIB

Share
Buya Ahmad Syafii Maarif. (Foto: Instagram @buyasyafii).
Buya Ahmad Syafii Maarif. (Foto: Instagram @buyasyafii).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat (27/5/2022).

Sosok yang karib disapa Buya Syafii itu menghembuskan nafas terakhirnya diusia 85 tahun pada pukul 10.15 WIB tadi di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, DIY.

Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan mengatakan Buya Syafii akan disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta.

“Pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Husnul Khotimah milik Muhammadiyah yang berlokasi di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo,” kata Budi dalam keterangan pers pada Jumat (27/5/2022).

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, juga menyampaikan dukacita. Ia berharap amal ibadah Buya Syafii Maarif diterima dan segala kesalahan dimaafkan oleh Allah SWT

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya,” tulis Haedar dalam akun Twitternya @HaedarNs.

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin juga menyampaikan dukacita. Ia mengatakan bangsa indonesia kembali berduka atas berpulangnya salah seorang ulama terbaik guru bangsa Buya Ahmad Syafi'i Ma'arif yang berpulang ke Rahmatullah hari ini.

“Kepada keluarga yang ditinggalkan dan seluruh keluarga besar warga Muhammadiyah dan masyarakat Indonesia, saya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Buya Syafi'i Ma'arif," kata Wapres. 

Kemudian, Maruf menandaskan keteladanan beliau wajib kita teruskan. Sebagai guru bangsa, pemikiran-pemikiran beliau sangat menyejukkan, moderat, dan dapat diterima lintas generasi.

Semoga Allah SWT menerima amal ibadah beliau, mengampuni segala kekhilafannya, dan memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya," kata Wapres.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar