ADVERTISEMENT

Gawat! Pemimpin Sayap Kanan Israel Ini Serukan Pembongkaran Kubah Batu di Kompleks Masjid Al Aqsa

Minggu, 22 Mei 2022 09:00 WIB

Share
Bentzi Gopstein
Bentzi Gopstein

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ISRAEL, POSKOTA.CO.ID - Pemimpin sayap kanan Israel menyerukan pembongkaran Masjid Kubah Batu di Yerusalem Timur.

Bentzi Gopstein, pendiri dan pemimpin Lehava (Nyala Api), membuat unggahan kontroversial secara daring di mana dia meminta warga Israel untuk bersatu pada "Hari Yerusalem" pada 29 Mei untuk masuk ke Al Aqsa dan mulai membongkar Kubah Batu untuk membuka jalan bagi pembangunan Bait Yahudi di Masjid Al Aqsa.

"Hari Yerusalem, jatuh pada 29 Mei, adalah hari pembongkaran Kubah Batu akan dimulai," tulis Bentzi Gopstein seperti dikutip dari Middle East Eye.

"Hari Yerusalem" adalah perayaan tahunan Israel yang dirayakan pada hari ke 28 bulan Iyar dalam kalender Ibrani.

Hari itu memperingati penyatuan kota itu ketika militer Israel menduduki Yerusalem Timur dalam Perang Enam Hari 1967 dan kemudian mencaplok kota tersebut.

Lehava menerbitkan poster di media sosial yang menunjukkan ekskavator di sebelah Kubah Batu. Di poster lain, ekskavator lain tampak membawa puing-puing dari masjid.

Masjid Al Aqsa adalah situs tersuci ketiga umat Islam.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengutuk seruan Lehava untuk menghancurkan Kubah Batu dan menggambarkannya sebagai kelompok teroris Yahudi.

Warga dan pasukan Israel pada bulan lalu menyerbu masjid berulang kali dan melakukan doa di tempat itu sehingga meningkatkan ketegangan dan menyebabkan tindakan keras polisi terhadap warga Palestina.  

Aktivis Lehava telah menyerukan untuk memobilisasi dan mengangkat senjata pada bulan April dan berbaris pada tahun lalu di kota itu dengan meneriakkan "Matilah Orang Arab".

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT