'Festival Kudus 2022' Digelar di Jakarta, Perkenalkan Wisata Alam, Religius, Budaya dan Kuliner

Minggu, 22 Mei 2022 17:49 WIB

Share
'Festival Kudus 2022' di Jakarta. (ist)
'Festival Kudus 2022' di Jakarta. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) bekerjasama dengan Yayasan BUMN dan Pemkab Kudus gelar 'Festival Kudus 2022’ di Komplek Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan, pada 21-22 Mei 2022.

"Kegiatan ini untuk memperkenalkan UMKM dan ekonomi kreatif, hingga sarana wisata alam, religius dan budaya serta wisata kuliner," jelas Ketua FKMK, Marsekal Madya TNI (Purn) Eris Herryanto.

Menurutnya, ada 22 UMKM hadir dalam ajang yang berlangsung dua hari tersebut.

Menurut Eris Herryanto, selama dua tahun pihaknya tak bisa melakukan kegiatan apa-apa karena badai Covid-19 melanda Indonesia.

Perekonomian global pun ikut melemah.

Tapi, ada sisi positif dari situ yaitu sejumlah inisiatif muncul untuk berinovasi.

“Festival Kudus 2022 ini adalah bentuk dari inovasi yang muncul untuk bisa berkreasi menyelenggarakan ajang bermanfaat seperti ini. Di sini kami menampilkan budaya Kudus yang ditinggalkan bagi kami. Yang paling utama adalah toleransi. Kudus sebagai kota empat negeri karena punya empat etnis yaitu: Jawa, Cina, Arab, dan Belanda, tapi tetap mengagungkan peninggalan toleransi sehingga bisa hidup dengan damai hingga saat ini," ungkap Eris Herryanto.

Fenomena perkembangan UMKM dan industri kreatif diakui Eris Herryanto tentu harus terus didukung dan difasilitasi agar terus berkembang menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi masyarakat.

Sadar akan hal itu, FKMK yang selama ini sebagai wadah komunikasi bagi masyarakat asal Kudus di perantauan di wilayah Jabodetabek, berinisiatif menggelar ‘Festival Kudus 2022’ bertujuan memperkenalkan seni dan budaya Kudus yang unik kepada warga Jabodetabek.

Misalnya, di Kudus itu tak pernah ada orang yang menyembelih sapi karena itu adalah sesuatu yang sakral untuk umat Hindu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar