ADVERTISEMENT

Sampah Menggunung di Cisalak Kota Depok, Ganggu Pernapasan Warga, Menjijikkan Karena Banyak Belatung dan Lalat Hijau

Jumat, 20 Mei 2022 17:59 WIB

Share
Sampah menggunung di tengah pemukiman warga di Cisalak, Sukmajaya, Kota Depok. (Foto: angga)
Sampah menggunung di tengah pemukiman warga di Cisalak, Sukmajaya, Kota Depok. (Foto: angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Warga mengeluhkan bau tidak sedap berasal dari sampah menggunung di depan rumahnya, di Gang Masjid, Jalan Pendamping Tol Cijago, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya  Kota Depok.

Kondisi sampah menggunung setinggi 3 meter yang menjadi tempat pembuangan sampah tidak resmi, berada di lingkungan Komplek Deppen.

Dampak yang ditimbulkan selain bau tidak sedap dan berpotensin menjadi tempat berkembang biak berbagai penyakit , serta mengganggu pernapasan warga akibat  bau busuk yang menyengat.

Menurut salah satu warga yang hanya mau disebut Z (26), pemilik warung kelontong, sampah buangan warga ini sudah lama menggunung dari semenjak lebaran Idul Fitri kemarin ini.

"Meski dibersihkan tiap hari namun tidak sampai terangkut semua. Hal ini disebabkan karena warga dari mana-mana membuang sampah di depan rumah-rumah warga. Waktu malam juga ada orang membuang sampah secara diam-diam," ungkapnya.

Z bertambah cemas ketika pada saat hujan turun air berasal dari sampah mengeluarkan bau tidak sedap ditambah jika terkena kaki atau anggota badan dapat menimbulkan gatel dan korengan.

"Dampak sampah menggunung menimbulkan bau tidak sedap, banyak belatung, dan lalat hijau banyak sangat menganggu kita sebagai warga yang rumah berhadapan langsung dengan sampah," tambah Z, yang juga pemilik warung kelontong.

Terpisah Ketua RT 03 RW 07, Marjono,54, mengatakan terkait permasalahan sampah yang menggunung di lingkungan warga telah berupaya mengatasi dibantu dengan anggota DPRD Depok dan sempat rapih.

"Dua bulan sebelumnya dibantu anggota DPRD Kota Depok sempat bersih tidak ada sampah menggunung seperti sekarang ini. Namun setelah libur lebaran kemarin ini kepengurusan yang tadi diambil LPM dibantu pengurusan lima RW lain diserahkan lagi ke RT lingkungan," ujarnya kepada Poskota saat disambangi rumahnya tidak jauh dari lokasi tempat sampah, Jumat (20/5/2022).

Penyebab menggunungnya sampah warga tersebut, lanjut Marjono disebabkan karena alasan pengangkutan sampah yang tidak maksimal.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT