ADVERTISEMENT

Luar Biasa, Karate Melampaui Target di SEA Games Hanoi 2021

Jumat, 20 Mei 2022 20:43 WIB

Share
Timnas karate Indonesia (foto/ist)
Timnas karate Indonesia (foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

VIETNAM, POSKOTA.CO.ID - Pencapain luar biasa ditunjukkan para karateka Indonesia di ajang SEA Games Hanoi 2021. Dari 19 atlet yang diboyong ke Vietnam, semuanya mendapat medali.

Sebagai Manajer Timnas Karate SEA Games ke-31 Hanoi, Yusran Arief mengatakan, keberhasilan ini tentu saja membuat dirinya bangga. 

Apalagi telah melewati target yang dicanakan oleh Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto saat melepas keberangkatan tim karate ke Vietnam di Gedung KLHK (Departemen Kehutanan). Mantan Panglima ini mentargetkan tiga medali emas.

“Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur ke hadirat Illahi atas keberhasilan Timnas Karate Indonesia meraih empat medali emas, delapan perak dan dua perunggu. Ini pencapaian yang luar biasa,” jelas Yusran saat dihubungi awak media, Jumat (20/5/2022).

Mampu melewati target ini, kata dia, tak terlepas dari persiapan tim yang cukup matang dibawah pelatih kepala Farouk (Prancis) dan asisten pelatih diantaranya Idris Gusti dan lain-lain.

“Persiapan karateka cukup lama. Kita juga mengikuti kejuaraan karate Asia Tenggara (SEAKF) di Kamboja sebulan jelang SEA Games Hanoi hasilnya juga cukup lumayan dengan 5 medali emas. Yang juga tak kalah pentingnya kita mendatangkan timnas Kazhakstan dan Australia untuk berlatih tanding dengan atlet pelatnas selama hampir tiga pekan. Kemampuan dan kepercayaan diri atlet makin meningkat,” jelasnya.

Usai SEA Games ini, katanya, atlet dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing. “Untuk Asian Games 2023 di China baru nanti kita persiapkan lagi,” ujarnya.

Sementara itu salah satu atlet putri yakni Ceyco Gregoria mengaku masih penasaran untuk bisa meraih medali emas di ajang multi event Asia Tenggara ini.

“Kalau saya pribadi sih belum puas karena belum bisa memenuhi target pribadi yakni meraih medali emas. Tapi kegagalan ini menjadi pelecut semangat saya untuk terus berlatih meningkatkan kemampuan untuk meraih prestasi di event selanjutnya. Usai SEA Games ini saya ingin beristirahat dulu sambil menunggu panggilan pengurus mempersiapkan diri di event selanjutnya,” ujarnya.

Di hari terakhir cabang olahraga karate yang dilangsungkan di Mon Thi Day Gymnasium, Vietnam, Jumat (20/5/2022), Indonesia sebenarnya berkesempatan meraih tiga medali emas karena ada tiga kelas yang menampilkan karateka Indonesia di babak pamungkas itu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Hutomo Prayoga
Editor: Hutomo Prayoga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT