ADVERTISEMENT

Apa Tanggapan Tiongkok Atas Kesepakatan KTT ASEAN-AS?

Selasa, 17 Mei 2022 21:00 WIB

Share
Zhao Lijian
Zhao Lijian

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TIONGKOK, POSKOTA.CO.ID - Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Amerika Serikat (AUSS) berlangsung baru-baru ini pada 12-13 Mei. Lalu apa tanggapan Tiongkok atas pertemuan tersebut?

KTT ASEAN-Amerika Serikat disambut positif Tiongkok sepanjang saling mendukung perdamaian di kawasan.

"Kami akan senang melihat negara-negara non-kawasan termasuk AS memainkan peran konstruktif dalam mendukung perdamaian di Kawasan,” ucap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing pada Senin (16/5).

Dia melanjutkan,“Namun tindakan apa pun yang dapat merusak perdamaian, stabilitas, solidaritas, dan kerja sama di kawasan tidak bisa diterima.”

Dia berharap AS tidak mengedepankan mentalitas Perang Dingin dan tidak menghasut blok konfrontasi di Asia.

Zhao Lijian mengingatkan AS tidak menyasar pihak ketiga, menghormati sistem pembangunan di negara-negara kawasan, mendukung sentralitas ASEAN dengan tindakan nyata, dan berkontribusi secara sehat dan konstruktif pada kerja sama Asia Pasifik.

Poin kesepakatan ASEAN-AS juga disinggung soal isu Laut Tiongkok Selatan.

Zhao Lijian meminta AS menghormati upaya bersama negara-negara di kawasan dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas serta tidak mengganggu proses kode etik.

Dia menilai AS suka memanfaatkan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS) pada setiap kesempatan isu Laut Tiongkok Selatan.

"Saya memperhatikan AS suka memanfaatkan UNCLOS di setiap kesempatan namun belum bergabung dengan konvensi itu sendiri," katanya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT