ADVERTISEMENT

Hore! Manfaatkan Momentum Libur Waisak, Taman Margasatwa Ragunan Dipadati 95.000 Lebih Pengunjung

Senin, 16 Mei 2022 18:46 WIB

Share
Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. (Andi Adam Fatudahman)
Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. (Andi Adam Fatudahman)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Libur Hari Raya Waisak 2556 BE, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta Selatan, kembali membuktikan diri sebagai salah satu lokasi destinasi wisata favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

TMR mencatatkan jumlah pengunjung hingga mencapai sebanyak 95.000 lebih jumlah pengunjung.

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Bambang Wahyudi menjelaskan, total jumlah pengunjung tersebut merupakan hasil akumulasi data yang dihimpun sejak tanggal 14-16 Mei 2022.

"Berdasarkan data yang kami himpun sejak dari hari Sabtu tanggal 14 Mei hingga hari ini pukul 17.00 WIB, tercatat ada sebanyak 95.125 orang yang mengunjungi TMR," kata Bambang dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Dia memaparkan, jumlah terbanyak pengunjung TMR di masa libur Waisak, terjadi pada hari Minggu (15/5/2022) kemarin dengan jumlah pengunjung mencapai 38.579 orang.

"Untuk hari Sabtu ada 24.034 pengunjung, Minggu 38.579, dan hari ini atau Senin ada sebanyak 31.206 pengunjung yang datang," papar dia.

"Ini mungkin karena beberapa ada yang batal datang ya, soalnya di tiket online itu semuanya habis terjual hari ini," sambungnya.

Bambang menambahkan, terkait dengan sarana transportasi yang digunakan oleh pengunjung.

Transportasi jenis sepeda motor, disebutnya masih menjadi sarana transportasi favorit yang digunakan, dengan catatan jumlah mencapai 4.000 unit lebih yang terparkir di Ragunan.

"Untuk kendaraan, sepeda motor masih mendominasi jumlahnya, yaitu sebanyak 4.240 unit disusul dengan mobil 2.309 unit, sepeda 85 unit dan bus 7 unit," ujar dia.

Selain itu, dia menjelaskan, selama beroperasi di musim libur Waisak, TMR diberikan kuota pengunjung harian sebanyak 45.000 orang atau sekitar 75 persen dari total kapasitas normal harian.

"Kuota jumlah pengunjung masih sama dengan kuota saat Lebaran kemarin, yakni 45 ribu atau 75 persen dari kapasitas normal harian," ungkap dia.

"Kemudian terkait persyaratan, syaratnya vaksin dosis kedua saja. Termasuk dengan anak-anak usia 6-12 tahun diwajibkan minimal menerima vaksin dosis pertama," terangnya.

Apabila memang ada pengunjung anak yang berusia di bawah 6 tahun, ujarnya, maka untuk dapat memasuki TMR, orang tua anak tersebut diwajibkan telah mendapat vaksin minimal dosis kedua dan dalam keadaan tubuh yang sehat.

"Anak-anak usia di bawah 6 tahun boleh masuk, dengan syarat orang tuanya sudah vaksin dan tidak terpapar virus. Kalau sudah vaksin kan InsyaAllah kebal," imbuhnya.

Lebih lanjut, Bambang juga memastikan kondisi satwa di TMR tengah dalam keadaan sehat dan baik-baik saja hingga hari ini, kendati esok pihaknya akan melakukan penutupan TMR.

"Keadaan satwa sehat dan baik, namun untuk esok kami akan melakukan penutupan karena libur satwa," tutup Bambang. (adam)

 

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Sumiyati
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT