ADVERTISEMENT

Densus 88 Tangkap 24 Simpatisan Terduga Teroris Kelompok MIT Poso dan ISIS, Dua Borun Diminta Serahkan Diri

Senin, 16 Mei 2022 16:06 WIB

Share
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Ist)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Densus 88 Antiteror Polri membekuk sebanyak 24 orang yang diduga menjadi simpatisan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di 3 lokasi berbeda.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, penangkapa terhadap 24 orang yang diduga merupakan simpatisan itu, dilakukan pihaknya pada Sabtu (14/5/2022).

"Penangkapan dilakukan pada hari Sabtu, 14 Mei 2022," kata Ramadhan dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Jenderal polisi berbintang 1 itu menuturkan, 24 orang tersebut ditangkap di 3 lokasi yang secara koordinat saling berbeda pulau.

 

"22 orang ditangkap di Sulawesi Tengah, 1 orang di Bekasi, Jawa Barat, dan 1 lainnya ditangkap di Kalimantan Timur," ungkap Ramadhan.

Namun, kendati demikian, Ramadhan tidak menyebutkan rinci terkait identitas dan keterlibatan mereka dalam organisasi terlarang itu.

Sebagai informasi, dengan ditangkapnya 24 orang yang diduga menjadi simpatisan MIT Poso dan ISIS ini, maka anggota kelompok MIT Poso yang masih buron atau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisian berjumlah dua orang, setelah salah seorang dari mereka, yakni Suhardin alias Hasan Pranata tewas pada Operasi penyergapan yang dilakukan oleh Satgas Madago Raya, Rabu (27/4/2022) lalu.

Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, meminta kepada dua DPO MIT Poso yang tersisa untuk segera menyerahkan diri.

Menurut Rudy, Satgas Madago Raya memberikan kesempatan kepada dua DPO MIT Poso untuk menyerahkan diri secara baik ke Polri maupun TNI tanpa harus ada baku tembak. (Adam)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT