ADVERTISEMENT

Lucu dan Menggemaskan? Penyuka Kucing Wajib Tahu Bahaya Ini Jika  Berniat Pelihara

Sabtu, 14 Mei 2022 19:04 WIB

Share
Bahaya bulu kucing (Foto: Freepik)
Bahaya bulu kucing (Foto: Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Memelihara kucing memanglah lucu dan menggemaskan, namun kamu perlu berhati-hati akan bahaya terhadap bulunya.

Terlebih, penting sekali bagi kamu yang memelihara kucing dirumah.

Kamu bisa menghindari beragam penyakit yang diakibatkan karena bulu kucing dan mengetahui cara pencegahannya.

Bahaya bulu kucing merupakan hal yang sangat penting untuk diwaspadai.

Hal ini dikarenakan bulu kucing bisa mengandung bakteri serta parasit yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit mulai dari kurap sampai toksoplasmasis.

Berbagai Penyakit yang Disebabkan oleh Bulu Kucing

Bulu kucing yang indah sering kali menjadi daya tarik untuk dipelihara. Namun, ada beberapa potensi penyakit yang dapat disebabkan oleh bulu kucing, antara lain:

1. Penyakit cakar kucing (cat scratch disease)

Penyakit cakar kucing disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella henselae. Bakteri ini tak hanya mampu berpindah ke manusia lewat gigitan atau cakaran kucing, tetapi juga melalui bulu kucing.

Saat mengelus bulu kucing yang terkontaminasi bakteri dan secara tidak sadar langsung menyeka mata, kamu dapat berpotensi terkena penyakit ini.

Penyakit cakar kucing dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius bagi orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti HIV atau AIDS atau pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

2. Kurap (ringworm)

Kurap merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita pada kulit. Penyakit ini dapat ditularkan oleh hewan ke manusia, dan salah satunya adalah kucing.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT