ADVERTISEMENT

Mencemaskan! Dua Anak di Jakarta Timur Terinfeksi Hepatitis Akut Meninggal Dunia

Jumat, 13 Mei 2022 21:42 WIB

Share
Ilustrasi hepatitis akut. (ilustrator: poskota/Suroso imam utomo)
Ilustrasi hepatitis akut. (ilustrator: poskota/Suroso imam utomo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak dua orang anak warga Jakarta Timur yang terinfeksi hepatitis akut meninggal dunia kala menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar menyampaikan kedua anak yang meninggal akibat hepatitis akur yang belum diketahui penyebabnya itu berusia 1 tahun dan 10 tahun.

"Usia 1 tahun dan 10 tahun, keduanya meninggal. Untuk diagnosa pasti ada di RSCM. Kedua kasus tersebut dirujuk dari RSUD Kramat Jati ke RSCM," ungkap Anwar kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Berdasar data Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, dari dua kasus tersebut, satu anak bukan kqsus hepatitis misterius sedangkamln satu lainnya masih menanti hasil pemeriksaan lanjutan.

Guna mencegah penularan, kata Anwar, baik jajaran Sudin Kesehatan, RSUD, dan Puskesmas melakukan Surveilans atau pengamatan secara aktif.

Surveilans bertujuan untuk mendeteksi dan melaporkan kasus dugaan hepatitis akut, baik data dari puskesmas maupun rumah sakit untuk selanjutnya dilakukan dilakukan penyelidikan epidemiologi.

Pemkot Jaktim juga gencar menyosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada warga guna mencegah penularan hepatitis akut, khususnya terhadap anak.

"Rajin cuci tangan dengan sabun, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih. Tidak bergantian alat makan dengan orang lain, hindari kontak dengan orang sakit," tuturnya.

Selain itu, perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, mengurangi mobilitas, menggunakan masker jika bepergian, menjaga jarak dengan orang lain serta menghindari kerumunan.

Anwar mengimbau agar para orangtua dan guru memberikan edukasi PHBS di sekolah kepqda seluruh anak untuk mencegah penularan melalui program Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT