ADVERTISEMENT

BREAKING NEWS: Korea Utara Umumkan Kematian Pertama Akibat COVID-19

Jumat, 13 Mei 2022 18:36 WIB

Share
Kim Jong Un. (Foto/twitter/Investingcom)
Kim Jong Un. (Foto/twitter/Investingcom)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KOREA UTARA, POSKOTA.CO.ID - Enam orang warga negara Korea Utara meninggal dunia setelah mengalami demam dan satu orang dites dengan hasil positif COVID-19 varian Omicron, pada Jumat (13/05/22).

Dilansir dari BBC NEWS (13/05/22) dilaporkan ada sekitar 187.000 orang mengalami demam dan saat ini sedang "diisolasi dan dirawat".

Sementara para ahli percaya virus COVID-19 sudah memasuki Korea Utara beberapa waktu lalu. Pihak berwenang baru mengumumkan kasus pertama pada hari Kamis kemarin.

Pihak Pemerintah Korea Utara mengatakan telah terjadi wabah Covid-19 varian Omicron di ibu kota, Pyongyang, dan mengumumkan langkah-langkah untuk lockdown.

Mereka tidak memberikan angka kasus yang tepat. Namun, dalam pembaruan pada hari ini, kantor berita resmi KCNA melaporkan bahwa wabah itu meluas di luar ibu kota.

"Demam yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi menyebar secara eksplosif secara nasional dari akhir April," kata pihak Pemerintah Korea Utara, dikutip dari BBC.

Mereka menambahkan, sekitar 350.000 orang telah menunjukkan tanda-tanda demam, tanpa menyebutkan berapa banyak warga yang telah dites positif COVID-19.

Para ahli menyarankan pemerintah untuk mengumumkan angka-angka terbaru dari kasus COVID-19 ini, termasuk pengakuan bahwa demam yang tidak diketahui sebelumnya telah menyebar secara nasional.

Hal tersebut guna mengindikasikan negara itu mengalami wabah tidak seperti yang pernah dilihatnya sejauh ini.

Populasinya yang berjumlah 25 juta rentan terkena COVID-19 karena kurangnya program vaksinasi dan perawatan kesehatan yang buruk, kata para ahli. Korea Utara menolak tawaran dari masyarakat internasional untuk memasok jutaan AstraZeneca dan jab buatan China tahun lalu.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT