Bupati Lebak Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Warga Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem

Kamis, 12 Mei 2022 15:23 WIB

Share
Rumah warga rusak akibat diterjamg angin puting beliung (yusuf)
Rumah warga rusak akibat diterjamg angin puting beliung (yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Dalam beberapa hari terakhir ini, wilayah Kabupaten Lebak terus dilanda bencana alam, seperti angin puting beliung yang merusak 100 rumah warga di Kecamatan Gunung Kencana pada Senin (9/5/2022) dan banjir yang terjadi hari ini di Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak yang merusak belasan rumah warga, Kamis (12/5/2022).

Bencana-bencana alam itu, membuat Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya membuat keputusan untuk menetapkan status tanggap bencana alam yang sudah diberlakukan dari tanggal 9 Mei hingga 14 hari kedepan yakni 22 Mei 2022.

"Ya status tanggap darurat bencana sudah ditetapkan sejak kejadian bencana alam angin puting beliung hingga 14 hari kedepan," kata Kepala Pelalsana BPBD Lebak Febby Rizki Pratama saat dihubungi.

Febby mengatakan, dalam status tanggap darurat bencana ini pihaknya akan berfokus dalam pemulihan dampak bencana yabg terjadi, dan juga menyiagakan personel di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak.

"Dalam status tanggap bencana ini kita sudah siagakan relawan-relawan kita di 28 Kecamatan dan menyiapkan berbagai alat kedaruratan bencana," kata Febby.

 

Menurutnya, hal tersebut perlu disiagalan mengingat potensi bencana yang tinggi di masa musim peralihat pengujan ke kemarau ini. Terlebih, Lebak sendiri masuk ke dalam daerah rawan bencana.

"Musim peralihan cuaca selalu ditandai dengan cuaca ekstrim. Untuk itu kita minta warga untuk selalu waspada, karena mengingat bencana seperti angin puting beliung kemarin itu dapat saja terjadi kembali, karena seluruh wilayah di Kabupaten Lebak itu masuk dalam zona rawan angin puting beliung," pungkasya.(Yusuf Purmana)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar