ADVERTISEMENT

Penerapan Rekayasa Lalin Selama Arus Mudik Lebaran Tekan Angka Kecelakaan, Kakorlantas: Turun 31 Persen

Senin, 9 Mei 2022 09:12 WIB

Share
Dengan dikawal mobil Patwal PJR membuka sistem one way di dalam tol Cikampek arah Jakarta. (Ist)
Dengan dikawal mobil Patwal PJR membuka sistem one way di dalam tol Cikampek arah Jakarta. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kepolisian resmi menutup penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) ganjil genap (gage), contraflow, dan one way dari Tol Kalikangkung di KM 414 sampai Tol Jakarta-Cikampek (Japek) di masa arus balik Lebaran 2022.

Penutupan ini, otomatis juga mengakhiri pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2022.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan, penutupan rekayasa lalin ini dilakukan usai melihat kondisi arus lalu lintas yang telah kembali lancar seperti dimasa normal.

 

"Kami melaporkan kepada pimpinan, bahwa kami akan menyelesaikan-menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6," kata Firman dalam keterangannya, Senin (9/5/2022) dini hari.

"Ini juga sekaligus menandakan, bahwa pada pukul 00.30 WIB tadi pagi, kami memastikan dengan rombongan menyisir jalan dari arah Jakarta menuju KM 70 ini, kantor yang juga penuh sejarah tempat kami terus berkoordinasi selama ini dari jam ke jam memantau melayani masyarakat yang akan balik," sambung dia.

Lanjut Jenderal polisi berbintang 2 itu, berdasarkan data yang telah dihimpun oleh pihaknya. Tercatat, angka kecelakaan lalin pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan hingga angka 31 persen. Hal ini, papar Firman, jelas menurut apabila sibandingkan dengan data dimusim mudik dan balik Lebaran 2019, tepatnya di periode sebelum pandemi Covid-19 menyerang.

 

"Fatalitas juga menurun. Inilah yang kami harapkan, operasi lancar bisa bersilahturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun dan moga-moga covidnya juga tidak yang dibawa pulang kembali ke Jakarta," ujar dia.

Menurut Putra Jenderal (Purn.) Try Sutrisno itu, selama pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2022, pihaknya terus berupaya bekerja secara maksimal. Selain itu, tambah dia, Polri juga akan terus melakukan evaluasi apabila ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT