Tetap Waspada akan Hepatitis Akut Misterius, Dinkes Tangsel: Hubungi Nomor Ini Jika Anak Alami Gejala Awal Berikut

Minggu, 8 Mei 2022 15:53 WIB

Share
Ilustrasi virus. (foto: pexel)
Ilustrasi virus. (foto: pexel)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan  (Dinkes Tangsel) meminta warga waspada akan penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak.

Adanya imbauan ini setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya (Acute Hepatitis of Unknown Etiology) yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia sejak 15 April 2022.

Meski per Sabtu 7 Mei 2022 fasilitas pelayanan kesehatan belum ada yang melaporkan penyakit hepatitis akut pada anak di Kota Tangsel, Kepala Dinkes Tangsel, dr. Allin Hendalin Mahdaniar tetap mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang.

"Lakukan pencegahan hepatitis akut pada anak dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, pastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan dengan orang lain," kata dia, Minggu 8 Mei 2022.

Selain itu, Allin meminta masyarakat juga dapat menghindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Jika anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat," jelasnya.

Pemerintah juga, tambah Allin, meminta seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi, khususnya untuk infeksi virus dan jika menemukan kasus segera melaporkan ke Dinkes Tangsel.

"Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline PSC 119 Dinas Kesehatan kota Tangerang Selatan melalui 119 atau (021) 756 71550 WA 0813 20656 119," tuntasnya. (muhammad iqbal)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar