ADVERTISEMENT

Hadapi Kepadatan Arus Balik, Polres Bogor Prioritaskan One Way di Jalur Puncak dan Siapkan Jalur Alternatif

Jumat, 6 Mei 2022 16:35 WIB

Share
Suasana Jalur Puncak untuk one way menghadapi kepadatan arus balik.
Suasana Jalur Puncak untuk one way menghadapi kepadatan arus balik.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Wisatawan di Kawasan Wisata Puncak, Kabupaten Bogor mulai mencapai puncaknya, Polres Bogor pun menyiapkan beberapa langkah antisipasi.

Yakni, mulai dari penerapan one way hingga penyediaan jalur alternatif di beberapa titik yang terhubung dengan kawasan Puncak, Jum'at (6/5/2022) untuk menghadapi kepadatan arus balik.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin. Menurutnya, prediksi puncak kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor akan terjadi di tanggal 6 hingga 8 Mei.

"Mengapa demikian? Karena jalur tol yang dari arah Cikampek diberlakukan satu arah menuju Jakarta. Sehingga kemungkinan masyarakat yang menuju ke Bandung dan sekitarnya akan menggunakan jalur Puncak. Itu akan berpotensi bergabung dengan wisatawan dan menjadi kepadatan lalu lintas," ungkapnya kepada wartawan di Pos Pam simpang Gadog, Kabupaten Bogor.

Hingga saat ini, lanjut AKBP Iman, pihak Polres Bogor lebih memprioritaskan menggunakan rekayasa one way ketimbang Ganjil-genap (Gage).

Adapun waktu untuk one way ke arah Jakarta, difungsikan pada pukul 13.00 WIB hingga arus lalu lintas terpantau lancar.

"Karena kondisi kendaraan yang begitu banyak, apabila kami menerapkan pemutar balikan kendaraan, dikhawatirkan akan menjadi titik kemacetan baru. Jadi situasional saja, jika memang diperlukan akan kami lakukan," katanya.

Hingga pada saat ini, Iman lebih memilih untuk menggunakan rekayasa one way guna mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata Puncak. "Kami gunakan one way untuk menguras arus dan cukup efektif untuk saat ini," singkatnya.

Di lokasi yang sama, Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata menambahkan, pihak kepolisian telah menyiapkan beberapa jalur alternatif bagi masyarakat yang telah berwisata ke puncak dan sedang menuju ke kediamannya masing-masing.

"Adapun jalur alternatif yang disediakan, kami sudah menyiapkan satu jalur alternatif di Bogor Timur, yaitu di Tanjungsari, Jonggol, Cariu, Cileungsi hingga cibubur untuk menguruai kemacetan di puncak," tuturnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT