ADVERTISEMENT

Polda Banten Monitor Arus Balik, 29.674 Pemudik dari Sumatera Tiba di Pelabuhan Merak Pada H+1

Selasa, 3 Mei 2022 15:01 WIB

Share
Kabidhumas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga. (ist)
Kabidhumas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

CILEGON, POSKOTA. CO.ID -  Kepolisian Daerah Banten terus monitoring mobilitas masyarakat arus balik H+1 libur lebaran Idul Fitri 1443 H dari Pelabuhan Bakauheuni, Lampung.

Kabidhumas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga mengatakan sesuai data yang diterima dari ASDP Pelabuhan Bakauheni, pergerakan arus balik pada Senin (2/5) hingga Selasa (3/5) pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB kapal beroperasi sebanyak 32 unit dengan 97 trip perjalanan. 

"Sesuai data terkini, pemudik dari Pelabuhan Bakauheni yang tiba di Pelabuhan Merak sebanyak 29.674 penumpang. Untuk pejalan kaki, kita sudah siapkan bus di Terminal Merak tujuan berbagai kota di Pulau Jawa," ujar Shinto kepada Poskota, Selasa (3/5/2022). 

Shinto juga menyampaikan jumlah kendaraan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, untuk R2 atau motor sebanyak 1.028, untuk mobil pribadi sebanyak 4.345, bis 176 unit dan truk muat barang sebanyak 350 unit. 

"Untuk total kendaraan baik R2 maupun R4 yang tiba di Pelabuhan Merak sebanyak 5.899 unit," terang Shinto. 

Kemudian, Shinto juga menjelaskan terkait mobilitas kendaraan dari exit GT Cikupa arah Jakarta sebanyak 22.630 kendaraan, turun 35% atau 12.036 yang normalnya sebanyak 34.666 kendaraan. 

"Untuk kendaraan yang masuk dari gerbang tol Merak arah Jakarta sebanyak 3.314 kendaraan, turun 31% dengan normal 4.775 kendaraan," tambah Shinto.

Shinto menambahkan bahwa Polda Banten terus monitoring arus balik serta mempersiapkan pelayanan dan pengamanan bagi pemudik yang akan kembali melalui Pelabuhan Merak. 

"Kami himbau kepada masyarakat yang akan mobilitas agar tetap berhati-hati dan mematuhi tata tertib lalu lintas sehingga kamseltibcarlantas dapat terwujud," tandasnya. 

Dinamika informasi tentang kondisi jalur lalu lintas arus balik dapat diakses di command centre 110 Polda Banten dan platform media sosial yang dikelola Polda Banten yaitu Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (haryono)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT