ADVERTISEMENT

Menteri Ukraina: Perang Ukraina Akibatkan Krisis Yang Rugikan Tiongkok

Selasa, 3 Mei 2022 09:00 WIB

Share
Dmytro Kuleba
Dmytro Kuleba

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

UKRAINA, POSKOTA.CO.ID - Kyiv sedang mengkaji kemungkinan diperolehnya jaminan keamanan dari anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Termasuk Tiongkok.

Pernyataan ini datang dari Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Dia mengusulkan agar Beijing menjadi salah satu penjamin keamanan Ukraina.

Barat dan Ukraina sudah lama mendesak Tiongkok untuk mengambil sikap anti Rusia.

Amerika Serikat bahkan mengancam jika Beijing memberi dukungan militer atau ekonomi ke Moskow maka Beijing akan menerima akibatnya.

"Kami mengusulkan agar Tiongkok menjadi salah satu penjamin keamanan Ukraina, ini menunjukkan penghormatan, dan kepercayaan kami kepada Republik Rakyat Tiongkok." Demikian ucap Dmytro Kuleba pada Sabtu (30/4/2022) ketika wawancara dengan Xinhua.

Pemerintah Tiongkok di sisi lain menganggap NATO di bawah pimpinan AS sebagai pemicu serangan Rusia ke Ukraina dan Beijing percaya negara-negara Barat telah memperburuk ketegangan dengan mengirim senjata ke Ukraina.

Dmytro Kuleba pada saat yang sama menuduh Rusia sedang melakukan langkah yang membahayakan proyek infrastruktur Prakarsa Sabuk dan Jalan dari Tiongkok.

"Dampak-dampak krisis keamanan pangan dunia mengancam perekonomian Tiongkok dan kami juga percaya bahwa perang ini tidak menguntungkan Tiongkok,” pungkas Dmytro Kuleba. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT