Peringati Hardiknas 2022, Puan Maharani Ingatkan Nilai Pesan Ki Hajar Dewantara: "Setiap Rumah Bisa Jadi Sekolah" Selalu Relevan

Senin, 2 Mei 2022 20:27 WIB

Share
Ketua DPR, Puan Maharani. (ist)
Ketua DPR, Puan Maharani. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Peringati Hari Pendidikan Nasional, Ketua DPR Puan Maharani berharap seluruh insan pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia bisa semakin maju. 

Ia menilai kunci majunya pendidikan tak hanya ada pada Pemerintah, guru atau pun siswa didik, namun seluruh elemen bangsa. 

Hal ini sesuai semangat yang digaungkan bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara. 

"Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan bahwa setiap orang bisa menjadi guru, dan setiap rumah bisa menjadi sekolah. Itu artinya pendidikan dapat dilakukan di manapun, kapanpun dan oleh siapapun," kata Puan, Senin (2/4/2022).

Puan mencontohkan, orangtua di rumah juga bisa berperan mengajarkan anaknya.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, dimana sekolah dapat digelar secara daring, maka peran orangtua sangat penting bagi perkembangan setiap anak.

"Harus diingat bahwa guru pertama anak adalah oleh orangtuanya," kata Puan. 

Meski demikian, Puan menegaskan peran pemerintah tetap sangat penting guna mendorong pendidikan yang berkualitas dan merata di seluruh Indonesia.

Ia pun mengapresiasi sejumlah program pemerintah yang bisa berperan penting dalam pemerataan akses pendidikan.

Salah satunya adalah program Kartu Indonesia Pintar yang memberikan kesempatan bagi siswa tidak mampu untuk menyelesaikan pendidikannya sampai ke tingkat perguruan tinggi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar