ADVERTISEMENT

Tok Resmi! Kemenag Tetapkan 1 Syawal Jatuh Senin 2 Mei 2022: Tinggian Hilal di Seluruh Indonesia Terpantau di Atas 4 Derajat

Minggu, 1 Mei 2022 19:23 WIB

Share
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ist)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Lebaran Idulfitri 2022, secara resmi jatuh pada Senin (2/5/2022).

"Tinggian hilal di seluruh indonesia terpantau diatas 4 derajat, Secara mufakat tadi sidang isbat menetapkan bahwa satu Syawal 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 masehi," ujar Menteri Agama yaqut cholil qoumas dalam konferensi persnya, di Bimas Kemenag, Minggu, (1/5/2022). 

Diketahui, berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal sudah terlihat.

Untuk itu Secara mufakat tadi 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi.

Keputusan itu diambil setelah mendengarkan paparan dari tim Tim Unifikasi Kalender Hijriah serta laporan rukyat dari seluruh Indonesia.

Rukyat sendiri digunakan untuk konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan. 

Yaqut juga berharap, semoga dalam penentuan sidang isbat tahun ini dapat umat Islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama-sama. 

"Semoga ini menjadi cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia dan kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita sebagai sesama anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa" ujar Yaqut. 

Sebagai informasi, penentuan awal Syawal kini mengikuti kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. (cr01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT