ADVERTISEMENT

Akhirnya! Penumpukan Kendaraan Pemudik di Pelabuhan Merak Mulai Terurai

Minggu, 1 Mei 2022 05:38 WIB

Share
Kendaraan Pemudik saat antri masuk kapal di Pelabuhan Merak. (ist)
Kendaraan Pemudik saat antri masuk kapal di Pelabuhan Merak. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

CILEGON, POSKOTA. CO.ID - Upaya Polda Banten, ASDP Cabang Merak serta Pelindo dalam mengatasi penumpukan kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung nampak membuahkan hasil.

Antrian kendaraan di ruas tol Tangerang - Merak yang sempat mengular sekitar 10 km pada Sabtu (30/4) sekitar pukul 20:00, kini hanya tersisa 1 km dari gerbang Tol Merak.

Selain di ruas jalan bebas hambatan, arus lalulintas di jalur arteri hingga Pelabuhan Merak sudah normal.

"Dari pantauan hingga pukul 20:00 WIB kondisi berangsur ke arah normal. Situasi terkini baik di jalur tol, jalur arteri kemudian kantong-kantong parkir tiap dermaga disimpulkan kondisi sudah mengarah ke normal," ungkap Kabidhumas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Sabtu malam.

Menurut Shinto, salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi menuju normalnya Pelabuhan Merak malam ini adalah dengan telah beroperasinya tiga pelabuhan lainnya yaitu Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara dan Pelabuhan Pelindo Ciwandan. 

"Kita bersyukur situasi kondisi di jalur tol, jalur arteri hingga ke dermaga baik di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan BBJ Bojonegara dan Pelabuhan Pelindo berangsur-angsur normal," kata Shinto.

Sesuai data hasil analisa periode Sabtu (30/04) pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB, kata Shinto, diperoleh informasi bahwa kapal yang beroprasi dalam 12 jam pada hari ini adalah sebanyak 45 unit dengan 55 trip, mengangkut jumlah penumpang 60.667 orang dan jumlah kendaraan sebanyak 14.294 kendaraan. 

"Sesuai dengan analisa data, disimpulkan bahwa puncak arus mudik terjadi pada Jumat (29/04) pagi hingga Sabtu (30/04) pagi, atau periode 24 jam dengan 155.812 orang dan 37.692 kendaraan yang diangkut ke Sumatra dengan menggunakan 45 kapal," jelas Shinto.

Juga berdasarkan data sejak Jumat (22/04) pagi hingga Sabtu malam ini terdapat 656.541 penumpang yang telah diseberangkan dan 158.076 kendaraan yang diangkut dari Banten ke Sumatra.

Sampai dengan pukul 19.00 WIB Pelabuhan Pelindo telah beroperasi dua Kapal Motor Penumpang (KMP) Titian Nusantara dan KMP Panorama Nusantara yang mengangkut 900 penumpang dan 130 unit kendaraan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT