ADVERTISEMENT

Asyik, Kementerian PUPR Rampungkan Jalan Pansela Jatim untuk Akses Wisata Lebaran 2022, Jalurnya Keren

Sabtu, 30 April 2022 22:05 WIB

Share
Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Timur di Lintasan Trenggalek. (Foto: Kementerian PUPR)
Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Timur di Lintasan Trenggalek. (Foto: Kementerian PUPR)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TULUNGAGUNG, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan perampungan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung hingga Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. 

Berdasarkan data, saat ini penanganan Jalan Pansela di Provinsi Jawa Timur yang sudah ditangani sekitar 340,72 km dari total panjang 627,58 km. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur.

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," tutur Menteri Basuki. 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Achmad Subki mengatakan, beberapa ruas yang sudah selesai akan disiapkan menjadi jalur penghubung wisata Lebaran tahun 2022 terutama di Lot 6 yang menyambungkan Prigi-Bts. Kab Tulungagung-Klatak-Brumbun total 18,18 km yang telah mencapai 78,4%.

 

 

Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Timur di Lintasan Tulungagung. (Foto: Kementerian PUPR)

"Ketika liburan Lebaran tahun 2022 karena kita sebagian masih konstruksi maka tidak akan jadi jalur mudik, tetapi untuk beberapa ruas Pansela di Jatim yang sudah tersambung kita fokuskan untuk dimanfaatkan sebagai jalur wisata Lebaran 2022, salah satunya untuk menuju Pantai Gemah yang sudah bisa terakses," kata Subki. 

Pembangunan ruas jalan ini diharapkan memperlancar arus perekonomian barang jasa dan meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata khususnya di daerah Kabupaten Tulung Agung dan Kabupaten Trenggalek. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT