ADVERTISEMENT

Update Rekayasa Lalulintas Mudik 2022: Polisi Berlakukan Contraflow di Km 47-70 Tol Cikampek dan One Way

Jumat, 29 April 2022 15:29 WIB

Share
PT Jasamarga Jalan layang Cikampek membuka kembali akses masuk jalan tol layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) dari arah Jakarta menuju Cikampek. (Ist)
PT Jasamarga Jalan layang Cikampek membuka kembali akses masuk jalan tol layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) dari arah Jakarta menuju Cikampek. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Rekayasa Lalu Lintas mudik sudah diberlakukan dengan berbagai upaya yang menyesuaikan situasi di lapangan. Polisi siang ini bakal berlakukan contraflow di Km 47-70 Tol Cikampek dan one way pada Km 70 Tol Cikampek hingga Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi mengatakan bahwa siang hari ini jalur yang mengarah ke timur akan diberlakukan one way. Jadi apabila pemudik yang berasal dari Bandung menuju Jakarta, siang ini bisa melewatinya.

"Jadi tidak seluruhnya lagi jalur kita pakai untuk ke arah timur, one way kita hanya menggunakan satu lajur saja, tapi tetap ke arah timur untuk membantu saudara-saudara kita yang tadi Pak Kapolri sampaikan yang akan menuju ke wilayah Jakarta dari Bandung dan lain sebagainya, Karawang itu bisa menuju Jakarta," kata Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (29/4/2022).

"Jadi contraflow sekarang ini sedang diberlakukan sejak mulai jam 10.00 kurang. Jadi sisa yang dari Jakarta tetap one way tapi mulainya dari Km 70 Cikampek Utama," imbuhnya.

Firman mengatakan waktu penerapan itu masih bersifat dinamis dan mengikuti situasi. Menurutnya, kendaraan dari wilayah Jakarta dan sekitarnya tak sebanyak hari Kamis kemarin (28/4).

"Ya kita ini sangat dinamis, tapi ya tetap jadwal harusnya hari ini sudah one way seperti tadi malam, kalau tadi malam itu banyak yang berangkat, dan hari ini Polda Metro tidak banyak lagi yang terkirim kami akan tetap mungkin diperpanjang lagi nanti untuk contraflow," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Adapun beberapa skenario yang digunakan untuk meminimalkan kemacetan lalu lintas saat mudik, yakni memberlakukan one way, contra flow, dan ganjil genap.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko menjelaskan, himbauan tersebut dilakukan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan di Rest Area KM57. Dia juga menghimbau kepada para pemudik untuk melakukan istirahat sebelum rest area KM57.

"Kepada pemudik dari wilayah Sumatera menuju Timur Jawa agar sebaiknya tidak memasuki Rest Area KM 57," kata Gatot kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

"Bisa menggunakan rest area sebelum dan berikutnya. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya penumpukan di Rest Area KM 57," lanjutnya.

Rest Area KM 57 ini terletak di ruas Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (CR07)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT