ADVERTISEMENT

Polisi Telah Siapkan Rencana Rekayasa Arus Balik, Sifatnya Situasional

Jumat, 29 April 2022 09:22 WIB

Share
Foto : Suasana gerbang tol Cikampek Utama, Jawa Barat, terpantau sepi. (Poskota/CR-01)
Foto : Suasana gerbang tol Cikampek Utama, Jawa Barat, terpantau sepi. (Poskota/CR-01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Rekayasa Lalu Lintas arus balik juga telah disiapkan jajaran kepolisian. Rencananya rekayasa lalu lintas arus balik bakal dilakukan mulai tanggal 6 Mei 2022.

Kaposko Operasi Ketupat Jaya 2022, Kombes Purwadi mengatakan, rencana rekayasa lalu lintas arus balik dilakukan dengan yang namanya modern cepat. Rencana ini dilakukan mulai dari gerbang tol Kalikangkung menuju tol Cikampek KM47.

"Arus balik kita siapkan ada modern cepat. Ini kebalikan dari mudik, mulai dari kalikangkung sampai cikampek km47," kata Purwadi kepada wartawan, Jumat (29/4/2022).

Selanjutnya, kata Purwadi, rencana rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan tanggal 06 Mei sekitar pukul 14.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Namun, rekayasa ini diberlakukan sifatnya situasional.

"Mulai dari kalikangkung sampai cikampek km47 ini juga situasional, bisa dilanjutkan dengan contra flow sampai km 28.500 jadi dilanjutkan ke arah kota," ujar Purwadi.

Purwadi menambahkan, Sabtu 7 Mei 2022, dimulai pukul 07.00 - 24.00 WIB kemudian dimulai dari kalikangkung km 414 sampai pintu tol halim di km 3500.

"Kemudian minggu 8 mei 2022 dimulai pukul 07.00 - 03.00 WIB dini hari tanggal 9 mei dimulai tol kalikangkung sampai halim," sambungnya.

Adapun beberapa skenario yang digunakan untuk meminimalkan kemacetan lalu lintas saat mudik, yakni memberlakukan one way, contra flow, dan ganjil genap.

Terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko menjelaskan, himbauan tersebut dilakukan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan di Rest Area KM57. Dia juga menghimbau kepada para pemudik untuk melakukan istirahat sebelum rest area KM57.

"Kepada pemudik dari wilayah Sumatera menuju Timur Jawa agar sebaiknya tidak memasuki Rest Area KM 57," kata Gatot kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

"Bisa menggunakan rest area sebelum dan berikutnya. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya penumpukan di Rest Area KM 57," lanjutnya.

Rest Area KM 57 ini terletak di ruas Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (CR07)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT