ADVERTISEMENT

Info Arus Mudik! Hari ini, Polisi Ganti Penerapan Skema One Way dengan Skema Contraflow

Jumat, 29 April 2022 23:37 WIB

Share
Ratusan penumpang terlantar di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, akibat banyak bus terjebak macet. (foto: poskota/ ivan)
Ratusan penumpang terlantar di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, akibat banyak bus terjebak macet. (foto: poskota/ ivan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tangani arus mudik Idulfitri 1443 H, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengatakan, bahwa pemberlakuan skema one way di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada malam ini atau Jum'at (29/4/2022) bakal diganti dengan skema yang lain.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, terkait skema one way, pihaknya akan mengganti skema tersebut dengan penerapan skema contraflow atau lawan arus.

"Malam ini one way tidak dilaksanakan atau ditiadakan. Tetapi diganti dengan sistem contra flow," kata Sambodo dalam keterangannya, Jum'at (29/4/2022).

Sambodo menuturkan, skema contraflow sebagai pengganti skema one way bakal diberlakukan mulai dari KM 47 dan juga KM 70 Tol Japek.

"Sistem contra flow mulai dari KM 47 dan KM 70 (Gerbang Tol Cikampek Utama)," ujarnya.

Dengan pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut, kata Sambodo, kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta dapat melintas di Jalan Tol.

"Dengan demikian pemudik dari Bandung arah Jakarta bisa melintas dengan normal. Tidak dialihkan ke arteri," paparnya.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas), Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, sebelumnya polisi telah berencana untuk menerapkan skema one way pada tanggal 28 April 2022 sejak pukul 17.00-24.00 WIB.

Namun, dari hasil pantauan malam hari tadi ditemukan adanya volume kendaraan yang meningkat.

"Perubahan itu adalah ketika one way sesuai dengan rencana, hari ini diberlakukan pukul 07.00 WIB mulai dari KM 47-414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung. Namun perubahannya diubah mulai dari KM 70-414 GT Kalikangkung," kata Ramadhan kepada wartawan, Jum'at (29/4/2022).

Namun, kendati ada perubahan, menurutnya kebijakan ini masih bersifat situasional, tergantung dengan bagaiamana arus lalu lintas nantinya.

"Pemberlakuan ini situasional ya, kita nanti lihat lagi kepadatan arus lalu lintasnya," ucap Ramadhan.

Jenderal polisi berbintang 1 itu menambahkan, terkait dengan contraflow, hal itu juga diberlakukan dengan melihat kepadatan arus lalu lintas imbas diperpanjangnya kebijakan one way tadi malam.

"Kemudian untuk arus dari timur menuju Jakarta, kita juga berlakukan contraflow mengingat jumlah kendaraan yang akan menuju Jakarta juga terjadi penumpukan karena diperpanjangnya one way tadi malam," papar dia.

"Nah, kita tambah contraflow untuk menambah one way ini. Jadi contraflow itu diberlakukan dari KM 47-70. Tetapi, dari KM 70-414 itu diberlakukan one way sepenuhnya," sambung Ramadhan.

"Tadinya di KM 47-414 itu akan diberlakukan one way. Perubahan ini dari KM 70-414, kemudian KM 47-70 diberlakukan contraflow. Jadi contraflownya yang jalur A dan B dari Jakarta menuju timur satu ruas contraflownya,"tegasnya. (adam)

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Sumiyati
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT