ADVERTISEMENT

Gelar Sholat Ied, Jakarta International Stadium Siap Tampung 20 Ribu Jemaah

Jumat, 29 April 2022 09:00 WIB

Share
Tampak depan JIS (Foto: twitter/FMGaruda)
Tampak depan JIS (Foto: twitter/FMGaruda)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Tanjung Priuk, Jakarta Utara, dengan kapasitas 20 ribu orang. 

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Aceng Zaini membenarkan, jumlah kapasitas ditambah mencapai sebanyak 20 ribu jemaah yang bisa ditampung pada penyelenggaraan Shalat Ied di JIS. 

"Jadi diperkirakan antisipasi 20 ribuan gitu lah. Jemaah laki-lakinya kalau enggak salah (diperkirakan) 12 ribu, perempuannya maksimal 10 ribu lah,"  kata Aceng biasa disapa, saat dihubungi, Jumat, (29/4). 

Anak buah Anies ini menjelaskan, bahwa penambahan jumlah kapasitas tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi membludaknya masyarakat yang ingin menunaikan ibadah di stadion berlisensi FIFA itu. 

"Tadinya tuh 8 ribu udah paling maksimal, tapi ternyata antusias masyarakat melebihi itu. Akhirnya ditambah lagi concourse sisi selatannya, antisipasinya saja itu," ucapnya. 

Diberitakan sebelumnya, JIS menerapkan sejumlah ketentuan yang diperbolehkan dan dilarang kepada para jemaah selama mengikuti jalannya ibadah shalat Ied di stadion tersebut.  

Kemudian, selama proses ibadah, jemaah tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman dengan kemasan sekali pakai, dan membuang sampah sembarangan.  

"Menyuarakan ujaran kebencian, rasisme, seksisme dan vandalisme. Jika terjadi, maka pengunjung akan dikeluarkan dari barisan salat," tulis laman instagram @jakintstadium yang dikutip, Jumat (29/4). 

Sementara itu, sebelum datang ke JIS untuk menunaikan salat Id, para jemaah diminta agar memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan tidak bergejala sakit, dan membawa tumbler isi air minum sendiri.  

Tak hanya itu, jemaah pun wajib melakukan scan barcode pada aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area JIS, menggunakan alas kaki yang nyaman, serta membawa sendiri tas ramah lingkungan.  

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT