Awas Hati-hati! Dua Lokasi Jalur Mudik di Lebak Ini Rawan Longsor, BPBD Siagakan Alat Berat

Jumat, 29 April 2022 12:04 WIB

Share
Petugas tengah menanggani jalan yang tertimbun longsor di Lebak (dok/ist)
Petugas tengah menanggani jalan yang tertimbun longsor di Lebak (dok/ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak menyebut ada dua jalur mudik yang rawan longsor di Kabupaten Lebak.

Kedua jalur itu yakni jalur Rangkasnitung-Cimarga-Leuwidamar-Bojongmanik. Yang kedua, jalur Rangkasbitung-Malimping-Bayah-Perbatasan Sukabumi.

"Kedua jalur itu merupakan jalur rawan longsor dan juga pohon tumbang, khususnya diwilayah perbatasan Lebak-Sukabumi yang merupakan rawan longsor," kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama saat ditemui, Jun'at (29/4/2022).

Febby mengatakan, mengantisipasi adanya longsoran yang dapat menimbun jalur mudik itu, maka pihaknya akan terus melakukan monitoring secara berskala harian terhadap kedua jalur itu.

 

"Kalau untuk jalur mudik dari Rangkasbitung ke Bojongmanik, kita minta tolong kepada relawan kita untuk inpeksi berkala harian untuk melihat jalur tersebut. Apakah ada retakaan persoalan, sehingga jikapun ada kita bisa lakukan penaganganan darurat," katanya.

"Dan untuk jalur Bayah ke Sukabumi, kita sudah sigakan alat berat dari Dinas PUPR Provinsi Banten yang akan selalu siap untuk digeser ke titik longsor," tambahnya.

Dia mengimbau pemudik yang akan melintas melalui jalan rawan longsor untuk memperhatikan kondisi cuaca.

"Jika hujan ekstrem dan angin kencang menepi sejenak cari tempat yang aman dan selalu waspada. Di jalur padat gunakan lah rest area untuk beristirahat. Kendaraan juga dicek karena kecelakaan bukan hanya faktor alam tapi kendaraannya apakah cukup aman dibawa saat mudik," pungkasnya.(Yusuf Permana)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar